Media Sosial

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

Harta Yang Paling Berharga adalah Keluarga

Mengenai Saya

Foto saya
Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
IRSAN SIHOMBING

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN
DIRIKU

Sabtu, 16 November 2019

Tugas TT III Perkembangan Kurikulum



No. 1
  Fungsi Rencana Pembelajaran:
à Fungsi Prediktif: RPP yang disusun memberikan kemudahan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran karena semua komponen sudah diprediksi sebelumnya.
à Fungsi Preventif: RPP yang disusun dapat ditelaah kembali untuk melihat kesinambunagn antar-komponen RPP sehingga pembelajaran yang dilaksanakan akan berlangsung efektif dan efisie.
à Fungsi Korektif: RPP yang disusun merupakan perbaikan dari rencana dan pelaksanaan pembelajaran sebelumn

Jawab No.2
Pengertian Evaluasi Formatif
Evaluasi formatif dapat didefinisikan sebagai proses menyediakan dan menggunakan informasi untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam rangka meningkatkan kualitas produk atau program instruksional.( Suparman, 2010: 276)
Evaluasi formatif haruslah dilakukan untuk mencari dan menentukan hal-hal yang masih harus ditingkatkan atau direvisi agar produk tersebut lebih efektif dan efisien . formatif adalah fungsi evaluasi untuk memberikan informasi dan pertimbangan yang berkenaan dengan upaya untuk memperbaiki suatu pembelajaran dalam proses pengembangan atau belum selesai (purwanto, dkk, 2007 : 172). Evaluasi formaatif dilakukan selama proses pembuatan bahan ajar berlangsung untuk melihat keefektifan dan keefisienan bahan ajar ketika akan digunakan kepada siswa.
Evaluasi sumatif pada bahan ajar adalah penilaian yang dilakukan pada akhir proses pengembangan bahan ajar atau penilaian terhadap bahan ajar yang sudah ada untuk menentukan kelayakan atau kualitas bahan ajar yang bersangkutan untuk digunakan  atau tidak, diputuskan dipilih atau tidak, dibeli atau tidak (purwanto,dkk.,2007:187)

Jawab No. 3
Jenis-jenis Media Pembelajaran dan Karakteristiknya
Media dalam proses pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar, yaitu : 
1.      Media audio,
2.      Media visual, dan
3.      Media audio visual.
1.      Media Audio
Media audio adalah media yang hanya melibatkan indera pendengaran dan hanya mampu memanipulasi kemampuan suara semata.

Karakteristik media audio :
Ciri utama dari media ini adalah pesan yang disalurkan melalui media audio dituangkan dalam lambing auditif, baik verbal maupun nonverbal.

2.      Media Visual
Media visual adalah media yang melibatkan indera penglihatan.
Karakteristik media visual
1.      Gambar
Gambar secara garis besar dapat dibagi pada tiga jenis, yakni sketsa, lukisan dan photo.
2.      Grafik
Grafik adalah gambar yang sederhana yang banyak sedikitnya merupakan penggambaran data kuantitatif yang akurat dalam bentuk yang menarik dan mudah dimengerti.
3.      Diagram
Diagram sering juga digunakan untuk menerangkan letak bagian-bagian sebuah alat atau mesin serta hubungan satu bagian dengan bagian yang lain.
4.      Bagan
Bagan hampir sama dengan diagram. Bedanya, bagan lebih menekankan kepada suatu perkembangan atau suatu proses atau susunan suatu organisasi. Bagan ada kalanya disertai simbol atau gambar, maka hal ini sifatnya piktorial. Ada juga bagan yang ditambah dengan keterangan singkat.
5.      Peta
Peta adalah gambar permukaan bumi atau sebagian daripadanya. Sebenarnya peta bisa disebut juga sebagai bagan.

3.      Media Audio Visual
Media audio visual adalah media yang melibatkan indera pendengaran dan penglihatan.
Karakteristik media audio visual:
Media yang melibatkan gambar dan suara.


0 komentar:

Posting Komentar