ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU II (APKG II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
1.
NAMA
GURU/MAHASISWA : IRSAN
SIHOMBING
2.
NIM :
855948139
3.
TEMPAT
MENGAJAR :
SDN 100201 SIMARPINGGAN
4.
MODEL
PKR :
221
5.
KELAS/SEMESTER : II DAN III
6.
MATA
PPELAJARAN :
1. PKN
2. IPA
7. WAKTU :
1 x PERTEMUAN
8. TANGGAL :
26 APRIL 2019
9. TOPIK :
PKN : Gotong Royong
IPA :
Penggolongan makhluk hidup
10. KELOMPOK BELAJAR : PARGARUTAN TAPANULI SELATAN
11. UPBJJ-UT :
MEDAN
PETUNJUK
1.
Amatilah dengan cermat
pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.
Pusatkanlah perhatian Anda pada
kemampua guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.
Nilailah kemampuan guru
tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4.
Khusus untuk butir 3, yaitu
mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir
penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang di ajarkan.
|
|
|
|
|
1.

Melaksanakan pembelajaran.


a.
Melaksanakan tugas rutin kelas.

b.
Memulai kegiatan pembelajaran.

c.
Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan
kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi dan lingkungan.

d.


Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual,
kelompok dan klasikal.






e.
Menggunakan sumber belajar yang sesuai 
dengan kemampuan/tujuan, 
siswa, situasi dan lingkungan.





f.
Menggunakan media belajar yang sesuai 
dengan tujuan, 
siswa, situasi dan lingkungan.





g.

Menggunakan waktu pembelajaran
secara efisien.


h.
Mengakhiri kegiatan
pembelajaran
![]() |

2.
Mengelola
interaksi kelas.
a.



Menunjukkan perhatian serta
sikap bersahabat,
terbuka, dan penuh pengertian
kepada siswa.





b.



Memicu dan memelihara
keterlibatan siswa.




c.











Melakukan komunikasi secara
efektif.

















3.
Mendemostrasikan
kemampuan khusus dalam pembelajaran kelas rangkap (isi yang sesuai dengan RP
PKR yang dinilai)
a.

Bahasa
Indonesia


1)



Mendemostarasikan penguasaan
materi bahasa Indonesia.




2)
Memberikan latihan keterampilan
berbahasa.
3)


Mengembangkan
kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar.



![]() |
Rata – rata butir 3.a = R
b.

Matematika


1)
Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan
manipulatif.

2)
Menguasai simbol-simbol matematika.

3)


Memberi latihan penggunaan
konsep matematika dalam kehidupan 
sehari-hari.







c.
IPA
1)


Mendemontrasikan
pembelajaran IPA melalui pengalaman langsung.



2)



Meningkatkan keterlibatan siswa
melalui pengalaman
langsung.






3)
Menampilkan penguasaan IPA.


d.
IPS
1)

Mengembangkan
pemahaman konsep waktu.


2)

Mengembangkan pemahaman konsep
ruang.


3)

Mengembangkan pemahaman konsep
kelangkaan (scarcity).


![]() |
Rata – rata butir 3.d = R
e.
PKn

1)
Ketepatan penggunaan istilah –istilah khusus dan
konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan.


2)
Penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan.

3)

Menerapkan kosep Pendidikan Kewarganegaraan

dalam kehidupan sehari – hari.




Rata – rata butir 3.e = R
4.


Melaksanakan
penilaian proses dan hasil belajar.



a.
Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran.

b.



Melaksanakan penilaian hasil belajar pada
akhir pembelajaran.




![]() |




5.


Kesan
umum pelaksanaan pembelajaran kelas rangkap.



![]() |
a.

Peka terhadap kemampuan
berbahasa.


![]() |
b.



Penampilan guru dalam
pembelajaran kelas rangkap.




c.
Keefektifan pembelajaran kelas rangkap.

![]() |


|
||||
|
Tapanuli
Selatan, Mei 2019
Pengamat
Tutor
NENNI JUNITA NASUTION M.Pd
NIP. 19790607
200604 2 019
0 komentar:
Posting Komentar