Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
KELAS
RANGKAP
MODEL
222
Nama Sekolah : SD NEGERI 100207 TANDIHAT
Mata Pelajaran : 1. Matematika
Kelas 4
2. IPA Kelas 5
Kelas / Semester : Kelas 4 semester 2
Kelas 5 Semester 2
Hari Tanggal : Kamis, 6 April 2020
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Model : PKR 2.2.2
I. Standar Kompetensi :
1. Matematika : 5. Menjumlahkan dan
mengurangkan bilangan bulat.
2. IPA : 5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan
energi, serta fungsinya
II. KompetensiDasar :
- MATEMATIKA :
–
5.1
Mengurutkan bilangan bulat
- IPA :
–
5.2
Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan
lebih cepat
III.
Indikator :
- MATEMATIKA :
5.1.1
Menerapkan
bilangan bulat negative dalam kehidupan sehari-hari
5.1.2
Membaca
dan menuliskan lambing bilangan bulat
5.1.3
Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
- IPA :
5.1.1
Memahami
peta konsep tentang pesawat sederhana
5.1.2
Memahami
tujuan penggunaan pesawat sederhana
5.1.3
Menyebutkan
jenis pesawat sederhana
5.1.4
Memahami
pengertian
5.1.5
Memahami
tuas gologan pertama, kedua, ketiga dan memberikan contohnya
IV.
Tujuan Pembelajaran
- MATEMATIKA :
–
Siswa
dapat menerapkan bilangan bulat negative dalam kehidupan sehari-hari dengan
tepat dan benar
–
Siswa
dapat membaca da nmenuliskan lambing bilangan bulat dengan tepat dan benar
– Siswadapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan dengan
tepat dan benar
- IPA :
– Siswa dapat Memahami peta konsep
tentang pesawat sederhana dengan tepat dan benar
– Siswa dapat Memahami tujuan
penggunaan pesawat sederhana dengan tepat dan benar
– Siswa dapat Menyebutkan jenis
pesawat sederhana dengan tepat dan benar
– Siswa dapat Memahami
pengertiannya dengan tepat dan benar
– Siswa dapat Memahami tuas gologan
pertama, kedua, ketiga dan memberikan contohnya dengan tepat dan benar
v Karaktersiswa yang diharapkan :
v Disiplin, Kerjakeras, Kreatif,
Demokratif , Rasa Ingintahu, Cintatanah air, Bersahabat, Menghargaiprestasi,
Gemarmembaca, Pedulilingkungan, Pedulisosial, Tanggungjawab.
V.
Pokok Materi
- MATEMATIKA :
BILANGAN
– Mengurutkan
Bilangan bulat
- IPA :
–
Pesawat
sederhana
–
Jenis-jenis
pesawat sederhana
o Tuas
o Bidang
miring
o Katrol
o Roda
VI.
Metode dan
pendekatan pembelajaran
–
deduktif-deskriptif
(meringkasuraianmateri)
–
ekspositori
(menerangkan)
–
Tanya
jawab
–
Latihan
VII.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
No
|
Kegiatan Pembelajaran Kelas 5
(Ilmu Pengetahuan Alam)
|
Kegiatan Pembelajaran Kelas 4
(Matematika)
|
A.
|
Pendahuluan (5 Menit)
|
Pendahuluan (5 Menit)
|
Apersepsi dan Motivasi:
· Siswa berdo’a bersama,
mengucapkan salam dan absensi
· Memberikan motivasi,
mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
· Tanya jawab tentang materi
pelajaran yang akan dipelajari
|
Apersepsi dan Motivasi:
· Siswa berdo’a bersama,
mengucapkan salam dan absensi
· Memberikan motivasi,
mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
· Tanya jawab tentang materi
pelajaran yang akan dipelajari
|
|
B.
|
Kegiatan Inti (60 menit)
|
Kegiatan Inti (60 menit)
|
- Guru menjelaskan
tentang pesawat sederhana
- Guru menjelaskan tujuan
penggunaan pesawat sederhana
- Guru menjelaskan tuas
gologan pertama, kedua dan ketiga dan memberikan contoh.
Pindah ke kelas 4
- Siswa diberi tugas tentang pesawat sederhana
- Memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan untuk mengerjakan di depan
Pindah ke Kelas 4
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
|
- Gurumenjelaskan cara membaca dan menuliskan
lambang bilangan bulat pada garis bilangan
- Guru mencontohkan langkah mengerjakan latihan
Pindah ke kelas 5
- Siswa diberi tugas menulis lambang bilangan
Pindah ke kelas 5
- Guru memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan
untuk mengerjakan di depan
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Pindah ke kelas 5
|
|
C.
|
Penutup (5 menit)
|
Penutup (5menit)
|
- Kesimpulan
- Refleksi
- Tindak lanjut
- Do’a
- Salam
|
- Kesimpulan
- Refleksi
- Tindak lanjut
- Do’a
- Salam
|
VIII.
Media dan
Sumber Belajar
§
Media :
Gunting,
obeng pipih atau sendok
§
Sumber Belajar :
Buku MATEMATIKA SD BSE
Karangan BURHAN MUSTAQIM Kelas IV hal 137
Buku ILMU PENGETAHUAN ALAM BSE
Karangan HERI SULISTYANTO (IPA) SD Kelas V
IX.
Penilaian
1. Prosedur:
a. Penilaian
proses
b. Penilaian akhir
2. Jenis dan bentuk tes :
a. Tes tulis
a. Tes individu
b. Tes Kelompok
3. Instrumen / Alat Penilaian
a. Lembar kerja
siswa (terlampir)
b. Lembar evaluasi (soal, kunci
jawaban, pedoman penskoran), terlampir
c. Lembar
penilaian
d. Rangkuman materi
Mengetahui Tandihat,
16 April 2020
Tutor Mahasiswa
NENNI JUNITA
NASUTION M.Pd IRSAN
SIHOMBING
NIP. 19790607 200604 2
019 NIM. 855948139
RANGKUMAN MATERI
MATEMATIKA
A. Mengenal Bilangan Bulat
1. Mengenal Bilangan Bulat
Positif dan Negatif
Bilangan-bilangan 0, 1, 2, 3,
4, 5, … disebut bilangan cacah,sedangkan 1, 2, 3, 4, 5, … disebut bilangan
asli. Jadi, bilangancacah adalah gabungan dari bilangan nol dan bilangan asli.
Adakah lawan bilangan asli?
Bagaimana melambangkannya?Bilangan nol, bilangan asli, dan lawan bilangan asli
disebutbilangan bulat. Perhatikan garis bilangan bulat di bawah ini.
2. Membaca dan Menulis Lambang
Bilangan Bulat
Setelah mengenal bilangan
bulat positif maupun bilangan bulatnegatif, bagaimana cara membaca dan
menuliskan bilanganbilangantersebut? Mari kita pelajari.
Bilangan asli atau bilangan
bulat positif sudah sudah sangatkita kenal, sedangkan untuk bilangan negatif
cara membacanyadiawali dengan kata negatif di depan bilangan.
Contoh: 10 dibaca sepuluh
–10 dibaca negatif sepuluh
negatif sembilan puluh
sembilan dituliskan –99
seratus lima dituliskan 105
3. Penggunaan Bilangan Bulat
Negatif
Mengapa harus ada bilangan
negatif? Pernahkah kamumendengar kalimat-kalimat seperti di bawah ini?
a. Suhu di daerah kutub dapat
mencapai lima belas derajat dibawah nol.
b. Daerah itu rawan banjir
karena ketinggiannya lima sentimeterdi bawah permukaan air laut.
Nah kawan, bagaimana
menuliskan bilangan lima belas derajatdi bawah nol? Bagaimana pula menuliskan
bilangan limasentimeter di bawah permukaan air laut?
Bilangan-bilangan tersebut
dapat kita tuliskan denganmenggunakan bilangan bulat negatif. Lima belas di
bawah noldapat dituliskan –15. Lima di bawah permukaan dapat dituliskan–5.
Jadi, dua kalimat di atas dapat dituliskan sebagai berikut
a. Suhu di daerah kutub dapat
mencapai –15 derajat.
b. Daerah itu rawan banjir
karena ketinggiannya –5 cm.
4. Membandingkan dan
Mengurutkan Bilangan Bulat
Semakin ke kiri nilai bilangan
semakin kecil. Sebaliknya,semakin ke kanan nilai bilangan semakin besar.
Sekarang, marikita lengkapi perbandingan bilangan bulat di bawah ini
denganmemberi tanda lebih besar (>) atau lebih kecil (<).
Nah kawan, dengan
membandingkan dua bilangan bulat, kamudapat mengurutkan bilangan-bilangan bulat
dari yang terkecilmaupun dari yang terbesar. Untuk membantu
mengurutkanbilangan-bilangan bulat, dapat kita gunakan garis bilangan .
Contoh:
Urutkan bilangan-bilangan
berikut ini.
–5, 10, –25, 20, –10, 0, 30
IPA
Jenis-Jenis Pesawat Sederhana
dan Kegunaannya Pesawat adalah alat-alat yang dapat memudahkan pekerjaan
manusia. Kamu memerlukan gaya untuk melakukan berbagai pekerjaan. Gaya itu
dilakukan oleh otot.Kekuatan otot manusia terbatas. Tentu kamu pernah menemui
kesulitan dalam melakukansuatu pekerjaan. Misalnya membuka tutup botol,
memanjat pohon, menimba air, dan memindahkan barang yang berat. Oleh karena
itu, kamu memerlukan alat untuk mempermudah pekerjaan tersebut. Kamu dapat
menggunakan pesawat. Pesawat dapat memperkecil gaya yang kamu keluarkan.
1. Pengungkit atau Tuas
Di sekitar kita banyak
peralatan yang menggunakan prinsip kerja pengungkit.
Contohnya gunting dan pemotong
kuku. Berdasarkan letak beban, kuasa, dan
penumpunya, pengungkit
dibedakan menjadi tiga golongan sebagai berikut.
a. Pengungkit Golongan I
Pada pengungkit golongan I,
letak titik tumpu berada diantara beban dan kuasa.
b. Pengungkit
Golongan II
Pada pengungkit golongan II,
letak beban di antara titik tumpu dan kuasa.
c. Pengungkit Golongan III
Pada pengungkit golongan III,
letakkuasa di antara beban dan titik tumpu.
2. Bidang Miring
Tangga merupakan salah satu
jenis bidang miring. Jika memanjat pohon secaralangsung, beban tubuh kita akan
tertumpu pada tangan dan kaki. Namun, bila memakaitangga, beban tubuh akan
ditahan oleh anak tangga yang kita injak. Itulah sebabnyaseolah-olah pekerjaan
kita terasa lebih ringan. Sebenarnya, pekerjaan kita tetap, tetapidiperingan
oleh alat. Jadi, dengan menggunakan bidang miring kita dapat menghemattenaga.
3. Katrol
Ada beberapa jenis katrol
sebagai berikut.
a. Katrol tetap : katrol yang
tidak berubah posisinya ketika digunakan untuk memindahkan benda.
b. Katrol bebas : katrol yang
berubah posisinya ketika digunakan untukmemindahkan benda.
c. Katrol rangkap : katrol
yang terdiri dari lebih dari satu katrol yangdisusun berjajar.
d. Katrol ganda atau takal :
katrol yang terdiri dari beberapa katrol yang disatukandengan tali.
4. Roda Berporos
Pada zaman prasejarah,
orang-orang memindahkanbeban berat dengan meletakkan beban di atas
batangbatangpohon. Batang-batang pohon tersebut kemudiandigerakkan
menggelinding. Pada perkembanganberikutnya, dibuatlah roda yang diberi poros.
Roda danporos ini dapat berputar bersama-sama. Sepeda motor,mobil, dan hampir
semua alat yang mempunyai bagianyang bergerak menggunakan asas roda berporos.
LEMBAR KERJA
INDIVIDU
KELAS 4
MATEMATIKA
Mari
membaca dan menuliskan bilangan berikut dalam kata-kata.
1. –15
2. 8
3. –14
4. –15
5. 124
Mari
menuliskan lambang bilangan berikut.
6.
negative delapan belas
7. enam
puluh sembilan
8.
negative empat puluh lima
9.
negative enam puluh delapan
10. negative seratus sebelas
KELAS 5
IPA
SOAL
1. Pesawat sederhana dikelompokkan menjadi empat macam, yaitu …, …,…,
dan ….
2. Gaya yang bekerja pada tuas disebut ….
3. Penggunaan sekop merupakan tuas jenis ke ….
4. Permukaan datar yang menghubungkan dua tempat yang
berbedaketinggiannya disebut ….
5. Katrol majemuk merupakan perpaduan antara katrol … dan katrol ….
6. Bidang miring memiliki kelemahan, yaitu ….
7. Pesawat sederhana yang digunakan untuk mengangkat atau menarik benda
ke atas adalah ….
8. Bentuk ulir pada sekrup menggunakan prinsip ….
9. Berat benda pada sebuah tuas disebut ….
10. Berikut ini yang termasuk tuas golongan pertama adalah ….
KUNCI JAWABAN LKS INDIVIDU
MATEMATIKA
KUNCI JAWABAN
1.
Negatif lima belas
2.
Delapan
3.
Negatif empat belas
4.
Negatif lima belas
5.
Seratus dua puluh empat
6.
– 18
7.
69
8.
-45
9.
-69
10. -111
IPA
KUNCI JAWABAN
1. Tuas, bidang miring,
katrol, dan roda berporos
2. Kuasa
3. Empat
4. Bidang miring
5. Katrol tetap dan katrol
bebas
6. Jarak terlalu jauh
7. Katrol
8. Bidang miring
9. Beban
10. Jungkat jungkit
PENILAIAN
Nama
Sekolah : SDN No. 100207
Tandihat
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas /
Semester : 4 / 2
Alokasi
waktu : 2 x 35 menit
Pedoman Penskoran
a.
Setiap jawaban benar mendapat skor 10
b. Setiap
jawaban salah mendapat skor 0
c.
Total skor 100
PENILAIAN
Nama
Sekolah : SDN No. 100207
Tandihat
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas /
Semester : 5 / 2
Alokasi
waktu : 2 x 35 menit
Pedoman Penskoran
a.
Setiap jawaban benar mendapat skor 10
b. Setiap
jawaban salah mendapat skor 0
c.
Total skor 100
0 komentar:
Posting Komentar