RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
MODEL 221
Sekolah
: SDN No. 100201 Simarpinggan
Mata
Pembelajaran : MTK Kelas 1 Semester II
IPA Kelas II Semester
II
AlokasiWaktu
: 2 x 30 ( Menit)
Jam
ke
: 3
Hari /
Tanggal
: Kamis, 16 April 2020
I. StandarKompetensi
MTK Kelas
I : 1. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
IPA Kelas
II : 1. Mengenal bagian-bagian
utama tubuh hewan dan tumbuhan pertumbuhan hewan dan tumbuhan , serta berbagai
tempat hidup makhluk hidup
II.
Kompetensi Dasar
MTK Kelas
I : 1.3 Melakukan penjumlahan
dan pengurangan bilangan
1.4 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan Penjumlahan.
IPA Kelas
II : 1.2 Mengenal bagian-bagian
utama hewan dan tumbuhan di Sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
III.
Indikator
MTK Kelas
I : 1.3.1 Menjelaskan cara menghitung
penjumlahan
1.3.2.
Menjelaaskan cara menghitung pengurangan
IPA Kelas
II : 1.2.1 Menyebutkan bagian-bagian
tubuh hewan
1.2.2 Menyebutkan
cara perkembangbiakan tumbuhan
IV.
Pokok materi
MTK Kelas 1 : Penjumlahan dan pengurangan .
IPA Kelas
II : Pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
IV.
Metodedan
Model Pembelajaran
1. Diskusi
2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
V.
KegiatanPembelajaran
1. Kegiatanawal ( 10Menit ) ;
Ø Mengucapkan
salam dan berdoa
Ø Presensi dan apersepsi
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan inti ( 40 Menit )
Eksplorasi
Kelas I (
MTK )
Ø Guru
menjelaskan tentang cara penjumlahan dan pengurangan bilangan
Ø Guru
menyebutkan bilangan 1 sampai 20
Kelas II ( IPA ) :
Ø Guru
menjelaskan tentang pertumbuhan hewan dan tumbuhan
Ø Siswa menjawab pertanyaan yang di
berikan guru tentang pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
Elaborasi
Kelas I ( MTK )
Ø Guru memberikan beberpa
pertanyaan mengenai
materi yang telah di sampaikan.
Ø Guru
memberi tugas
kepada siswa tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan 20.
Ø Siswa
mengerjakan tugas dari guru.
Kelas II ( IPA )
Ø Guru memberikan beberpa pertanyaan mengenai
materi yang telah di sampaikan.
Ø Guru
melakukan Tanya jawab dengan siswa.
Ø Guru memberikan tugas kepada
siswa untuk membedakan pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
Konfirmasi
Dalam kegitan konfirmasi guru :
Ø Guru
bertanya jawab tentang hal – hal yang belum di ketahui siswa.
Ø Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3. Kegiatan akhir ( 10 menit )
Ø Guru memberikan postest.
Ø Guru menyuruh siswa membuat rangkuman.
Ø Guru memberikan PR.
VI.
Sumberdan
Media Pembelajaran
MTK kelas 1
Ø Sumber Belajar : Buku MTK kelas I
Ø Media
: Alat peraga / gambar
IPA
Ø Sumber Belajar : Buku IPA Kelas
II
Ø Media
: Gambar / alat peraga
VII.
Evaluasi Penilaian
Soal-soal latihan Matematika kelas 1
1.
7 + 4 =
2.
3 + 8 =
3.
5 + 1 =
4.
7 + 3 =
5.
9 + 5 =
KunciJawaban
1. 11
2. 11
3. 6
4. 10
5. 14
IPA
Soal- soal IPA kelas II
1.
Ayam berkembang biak dengan cara ........................
2.
Kucing berkembang biak dengan cara ......................
3.
Pertumbuhan pohon mangga dimulai dari ....................
4.
Sebutkan dua contoh tumbuhan yang berasal dari batang
.....................
5.
Berikan 3 contoh hewan yang beranak ................................
Kunci
Jawaban
1. Bertelur
2. Beranak
3. Dari biji
4. Pohon singkong dan bambu
5. Kambing, kucing, sapi .
VIII . PENILAIAN
1.
Prosedur penilaian
·
Tes akhir evaluasi
2.
Jenis penilaian
·
Tes tertulis (objektif / isian )
3.
Alat penilaian
·
Soal (terlampir)
·
Kunci jawaban
·
Pedoman penilaian
a
̶ x 100 = X
b
|
Keterangan :
a : jumlah soal benar
b : jumlah soal
x : nilai
Simarpinggan,
16 April 2020
Tutor
Mahasiswa
Nenni
Junita Nasution M.Pd
Irsan
Sihombing
NIP . 19790607
200604 2 019 NIM. 855948139
0 komentar:
Posting Komentar