RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
MODEL 222
Sekolah : SDN No. 100207 Tandihat
Mata
Pelajaran : IPA dan Matematika
Kelas/semester : V/Genap
VI/Genap
Alokasi
waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
IPA
Kelas V
7.
Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi
makhluk hidup dan lingkungan.
Matematika
Kelas VI
7.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan data.
B. Kompetensi Dasar
IPA
Kelas V
7.6
Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi
makhluk hidup dan lingkungan.
Matematika
Kelas VI
7.2
Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data.
C. Indikator
IPA
Kelas V
1.
Menyebutkan contoh peristiwa alam di Indonesia
2.
Menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa alam di Indonesia
3.
Menjelaskan dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup dan lingkungan
4.
Mencontohkan cara mengantisipasi terhadap peristiwa alam yang terjadi
Matematika
Kelas VI
1.
Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan rata-rata
2.
Menentukan modus dari sekumpulan data
D. Tujuan Pembelajaran
IPA
Kelas V
1.
Siswa dapat menyebutkan contoh peristiwa alam di Indonesia
2.
Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa alam di Indonesia
3.
Siswa dapat menjelaskan dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup dan lingkungan
4.
Siswa dapat mencontohkan cara mengantisipasi terhadap peristiwa alam yang
terjadi
Matematika
Kelas VI
1.
Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan rata-ra
2.
Siswa dapat menentukan modus dari sekumpulan data
E. Materi Pembelajaran
IPA
Kelas V :
Peristiwa alam
Matematika
Kelas VI : Rata-rata dan modus
F. Metode Pembelajaran
Ceramah,
simulasi, dan problem solving, diskusi, dan inkuiri
G. Kegiatan Pembelajaran
Kelas V
|
Kelas VI
|
Waktu
|
Kegiatan awal
1. Guru mengkondisikan kelas
2. Berdoa
3. Guru mengisi daftar kehadiran siswa
4. Apersepsi (tanya jawab)
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Guru membagi siswa menjadi tiga kelompok, yang dipimpin seorang tutor
sebaya
|
5 menit
|
|
Kegiatan Inti
1. Guru menuliskan peta konsep tentang peristiwa alam
2. Siswa membaca koran yang telah disedakan guru
3. Siswa secara berkelompok membuat kliping dari koran tentang peristiwa
alam yang pernah terjadi di Indonesia
4. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok
5. Guru menjelaskan cara mengantisipasi diri apabila terjadi gempa bumi
6. Siswa secara berkelompok mensimulasikan cara meyelamatkan diri apabila
terjadi gempa, sesuai dengan penjelasan guru.
|
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan cara menentukan modus sekelompok data
2. Guru menjelaskan cara menghitung rata-rata sekelompok data
3. Guru memfasilitasi siswa dengan tugas kelompok
4. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok
|
55 menit
|
Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan post test
2. Guru memberikan umpan balik
3. Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan
4. Guru memberikan penguatan
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk
pertemuan selanjutnya
|
Kegiatan
Akhir
1. Guru memberikan post test
2. Guru memberikan umpan balik
3. Siswa dengan bimbingan guru membuat
kesimpulan
4. Guru memberikan penguatan
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan selanjutnya
|
10 menit
|
H.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat dan bahan
Kelas V
Koran
Kelas VI
Sumber belajar
Buku IPA Kelas V yang relevan
Buku Matematika
Kelas VI yang relevan
I. Penilaian
1. Prosedur
Tes awal :
saat apersepsi
Tes
proses : saat proses pembelajaran
berlangsug
Tes
akhir : saat proses pembelajaran berakhir
2. Jenis Tes
Tes lisan dan perbuatan
Tes tertulis
3. Bentuk Tes
Isian
Tandihat, .......................
2020
Mahasiswa
IRSAN SIHOMBING
NIM.855948139
0 komentar:
Posting Komentar