Media Sosial

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

Harta Yang Paling Berharga adalah Keluarga

Mengenai Saya

Foto saya
Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
IRSAN SIHOMBING

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN
DIRIKU

Jumat, 11 Oktober 2019

CARA CEK INFO PTK LEWAT INFO GTK DAN SIM PKB

CARA CEK INFO PTK LEWAT INFO GTK DAN SIM PKB

SKTP adalah Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi Pendidikan sekarang sudah mulai diterbitkan. SKTP atau yang dulunya dikenal dengan SK Dirjen ini diterbitkan tiap semestar atau enam bulan sekali. Mengecek SKTP dan Data Guru merupakan kewajiban untuk setiap guru supaya mengetahui apakah data PTK yang dikirim lewat Dapodik sekolah valid atau tidak. Apabila setelah dicek ternyata tidak valid, maka pencairan dana sertifikasi guru akan bermasalah.
Baca Juga: Cara Login GTK.
Jika hasil cek SKTP 2019 atau cek data guru masih diwarnai dengan merah, maka bisa dibetulkan lewat aplikasi Dapodik oleh Operator Sekolah. Jika data yang ada di aplikasi Dapodik sudah benar, maka kesalahan yang ditampilakn di layar hasil cek data guru sebaiknya dibiarkan saja, karena mungkin sistem masih keliru dalam membaca data.

Cara Cek SKTP & Info Guru, Info GTK 2019/2020

Nah, terus bagaimana cara mengecek SKTP tahun 2019/2020 ini? Berikut ini akan mastekno berikan cara cek sktp 2019 semester 1 dan semester 2.

1. Cara Cek SKTP Lewat Laman Info GTK

Ada dua cara untuk cek SKTP tahun 2019-2020  lewat laman info GTK. Berikut ini adalah caranya:
Metode NUPTK/NIK dan Tanggal Lahir
  • NUPTK ini untuk guru serta tenaga kependidikan yang telah mempunyai NUPTK
  • NIK ini untuk guru yang belum mepunyai NUPTK atau yang NUPTK nya tidak valid.
Account PTK
  • Di semester in akan dilakukan uji coba login info GTK memakai userid serta password PTK yang ada di Dapdik.
  • Untuk mendapatkan userid dan password ini kamu bisa menghubungi Operator Sekolah masing-masing.
Perlu saya ingatkan bahwa Info Guru, Info GTK / Cek SKTP tahun 2019/2020 atau validasi data guru ini fungsinya Cuma untuk membantu para guru menampilkan data dari sekolah, apabila ada kesalahan pada data tersebut, proses perbaikannya bisa dilakukan melalui aplikasi Dapodik di masing-masing sekolah.
Terus bagaimana cara cek info guru, info GTK / Cek SKTP tahun 2019/2020 lewat laman info GTK ini? Berikut adalah langkah-langkahnya:
2 cara cek sktp termudah dan berhasil 1
  • Masuk ke halaman Info GTK [disini].
  • Kemudian silahkan pilih metode untuk cek sktp yang akan kamu gunakan, apakah mau menggunakan NUPTK/NIK dan Tanggal Lahir atau mau menggunakan Account PTK.
  • Apabila menggunakan metode NUPTK/NIK dan Tanggal Lahir, silahkan kamu inputkan NUPTK/NIK, kemudian masukan password dengan Tanggal Lahir sesuai engan format, kemudian isi Chapta yang ada dan klik LOGIN.
  • Sedang jika kamu memilih metode Account PTK, silahkan akun PTK pada Dapodik, masukkan password yang sama seperti yang ada di Dapodik, setelah itu isi chapta dan klik LOGIN.

2. Cara Cek SKTP Lewat Laman SIM PKB

SIM PKB (SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) merupakan sebuah sistem informasi manajemen yang terpadu paada Sistem Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. PKB ini adalah proses penyelenggaraan belajar mengajar dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan serta kompetensi guru saat melaksanakan tugas profesinya.
SIM PKB sekarang digunakan untuk melakukan pengecekan SKTP. SKTP ini merupakan salah satu syarat pencairan tunjangan profesi guru. Para guru sebenarnya pencairan TPG tidak bergantung pada terbitnya SKTP. Terlebih lagi penerbitan SKTP berbasis dapodik jadi apabila ada kesalahan dalam pengisian aplikasi dapodik kadang tidak berpengaruh pada nasih guru.
Bukan cuma itu saja, sekarang SIM PKB juga bisa dipakai untuk Login Pretest dan Post tes PKB, cek SKTP, Pretest PPG, dan cek hasil pretest PPG. SIM PKB sekarang ini wajib diikuti oleh semua guru, karena sejak tahun 2017 Ditjen GTK mengembangkan sebuah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan sebuah kelanjutan dari Program Guru Pembelajar, tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru.
Lewat SIM PKB, baik itu guru, pengawas sekolah maupun kepala seolah harus masuk dalam pemberdayaan komunitas GTK yang dimana terdiri dari Gugus / Kelompok Kerja Guru (KKG),  Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS), dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS).
Berikut langkah-langkah untuk cek SKTP lewat SIM PKB:
2 cara cek sktp termudah dan berhasil 2
  • Silahkan kamu buka halaman SIM PKB [disini].
  • Kemudian masukkan email berupa sebuah username yang berisi no UKG kamu beserta password yang kamu punya.
  • Setelah sudah terisi, klik Login.

1 komentar: