Media Sosial

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

Harta Yang Paling Berharga adalah Keluarga

Mengenai Saya

Foto saya
Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
IRSAN SIHOMBING

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN
DIRIKU

Sabtu, 12 Oktober 2019

Rangkuman Pemb. matematika SD---modul 2

Rangkuman Pemb. matematika SD---modul 2

MEDIA  DAN  BAHAN  MANIPULATIF  DALAM  PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD
Media pembelajaran dalam pembelajaran matematika SD adalah alat bantu pembelajaran yang digunakan untuk menampilkan, mempresentasikan, menyajikan, atau menjelaskan bahan pelajaran kepada peserta didik, yang mana alat-alat itu sendiri bukan merupakan bagian dari pelajaran yang diberikan.
Jenis media dapat dikelompokkan dari aspek-aspek yang berbeda, misalnya ;
1. Dari bahan, berupa media cetak dan media nin cetak
2. Dari tayangan, berupa media proyeksi dan media non proyeksi
3. Dari kelistrikan, berupa media elektronik dan media non-elektronik
4. Dari ukuran kemajuan, media sederhana dan media modern
Alat-alat itu dapat berupa segala bentuk papan (tulis, tempel), segala bentuk cetakan (bukan LKS, modul, petunjuk/pedoman kurikulum), segala bentuk bahan elektronik(kalkulator, radio, TV, film, VCD, DVD,komputer, internet, LCD)
Bahan manipulatif dalam pembelajaran matematika SD adalah alat bantu pembelajaran yang digunakan terutama untuk menjelaskan konsep dan prosedur matematika. Alat ini merupakan bagian langsung dari mata pelajaran matematika, dan dapat dimanipulasikan oleh peserta didik ( dibalik, dipotong, digeser, dipindah, digambar, ditambah, dipilah, dikelompokkan/diklafikasikan ). Penggunaan alat ini untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep dan prosedur matematika.
KB 1. MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD
Keuntungan penggunaan media pembelajaran :
1. Lebih menarik dan tidak membosankan siswa
2. Lebih mudah dipahami karena dibantu visualisasi yang dapat memperjelas uraian
3. Lebih bertahan lama dan mudah diingat karena siswa lebih terkesan dengan terhadap tampilan dan tayangan
4. Mampu melibatkan peserta pembelajaran lebih banyak dan lebih tersebar
5. Dapat digunakan berulang kali untuk peningkatan penguasaan materi(kaset, vcd, dvd, film)
6. Lebih efektif karena dapat mengurangi waktu pembelajaran.
Jenis-jenis media dan penggunaannya :
1. Papan tulis / white boad
2. Papan grafik, hampir sama dengan papan tulis , tetapi fungsinya untuk mempermudah guru dalam membuat grafik. Papan ini mempunyai kotak-kotak berskala tetap yang dpat dipakai untuk merancang koordinat dari titik-titik yang diperlukan untuk membuat grafik
3. Papan tempel, dapat diletakkan didalam atau di luar kelas. Jika didalam kelas dipasang disamping kelas tidak didepan. Fungsinya untuk memasang informasi , menempel kliping dari koran , majalah atau brosur yang berkaitan dengan pelajaran atau kemajuan iptek, dan untuk memasang karya-karya siswa yang terpilih. Untuk matematika , dapat digunakan untuk menginformasikan /menhkomunikasikan antara lain tokoh-tokoh matematisi, sejarah matematika, rekreasi matematika, permainan, pola-pola khusus dan tebakan matematika.
4. Media cetak, dapat dibawa dan dibaca dimana saja dan kapan saja. Dapat berupa LKS, buku paket, petunjuk praktek, lpaoran, modul dan buku kerja.
5. Kalkulator, termasuk media elektronik yang mudah didapati dengan harga terjangkau. Termasuk alat hitung canggih yang mampu melakukan perhitungan dengan cepat dan akurat.
a. Kalkulator sebagai alat bantu berhitung
b. Kalkulator sebagai alat bantu meningkatkan pemahaman konsep matematika
c. Kalkulator sebagai alat bantu belajar pemecahan masalah
6. Komputer, perangkat lunak(software) misalnya MAT LAB, MAT CAD, DERIVE, MATHEMTICA, MAPLE) memuat topik-topik penyelesaian persoalan matematika(misalnya polinomial, grafik fungsi, pendiferensialan, pengintegralan, grafik dimensi tiga, matriks dan permasalahannya)
a. Model tutorial, model pembelajaran berupa uraian atau penjelasan topik-topik tertentu yang dapat dilengkapi dengan contoh dan latihan soal. ----(linear dan bercabang)
b. Model latihan dan praktek (drill & practice), model pembelajaran berupa latihan mengerjakan soal-soal. Tujuan dari latihan ini adalah untuk lebih memantapkan pemahaman konsep, dan lebih terampil dalam menyelesaikan beragam soal.
c. Model simulasi (demonstrasi), model pembelajaran untuk memperagakan hal-hal yang sulit dilakukan karena mempunyai resiko besar ( berbahaya, sangat mahal, langka). Digunakan untuk menunjukkan atau menampilkan proses, terutama hubungan tingkah laku grafik fungsi karena perbedaan besaran-besaran tertentu; menampilkan gambar bangun-bangun geometri ruang dengan bidang-bidang irisan serta garis-garis tertentu ; menampilkan transformasi dan simetri bangun-bangun geometri. Dengan model simulasi ininyang abstrak dapat diperagakan menjadi teramati(observable) sehingga menjadi lebih mudah dipahami.
7. Media Tayangan, media yang mampu menayangkan program pembelajaran pada layar sehingga bisa diikuti banyak orang. Media ini berupa OHP (over head projector), LCD , film.

0 komentar:

Posting Komentar