Media Sosial

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

Harta Yang Paling Berharga adalah Keluarga

Mengenai Saya

Foto saya
Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
IRSAN SIHOMBING

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN
DIRIKU

Jumat, 18 Oktober 2019

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERMAKNA / AUSUBEL


1.Sikap dan gaya mengajar

Sikap guru dalam mengajar tidak bisa dianggap sepele. Sikap guru sangat berpengaruh terhadap suasana pembelajaran di ruang kelas. Guru hendaknya menunjukkan sikap yang  demokratis dan simpati.
Dua sikap ini dirasakan berpengaruh besar terhadap suasana belajar. Boleh jadi sikap demokratis dan simpati akan menjadi senjata ampuh bagi guru untuk menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran.

2.Penyampaian materi pelajaran

Dalam belajar, sesungguhnya siswa membutuhkan kepastian akan kebenaran materi pelajaran yang mereka terima. Oleh sebab itu guru perlu menguasai materi dengan baik dan disampaikan dengan lancar, tidak tersendat-sendat.

3.Penggunaan strategi dan metode mengajar

Barangkali tidak satupun metode mengajar yang dianggap paling baik. Dalam hal ini dibutuhkan strategi untuk menentukan dan memilih metode mengajar yang sesuai dengan kondisi terkini di ruang kelas.

Sesuai dengan daya tangkap siswa, relevans dengan materi dan didukung oleh sarana belajar yang tersedia.

4.Penggunaan media belajar

 Media belajar adalah semua alat bantu yang digunakan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran.

Jika tidak memiliki media belajar yang memadai, paling tidak guru membuat charta atau gambar sederhana di papan tulis untuk menjelaskan materi pelajaran.

5.Pengaitan materi dan pengetahuan siswa

Materi pelajaran yang disampaikan perlu dikaitkan dengan pengetahuan dan pengalaman siswa sehari-hari.

Jika materi pelajaran dirasa jauh dengan pengetahuan dan pengalaman siswa, guru perlu memodifikasi materi pelajaran menjadi bentuk sederhana. Membuat contoh-contoh sederhana sesuai dengan kehidupan sosial dan lingkungan alam siswa.

Diyakini memang, masih banyak upaya lain yang dapat dilakukan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran bermakna bagi siswa. Namun hal ini disesuaikan kondisi masing-masing guru dan lingkungan mengajarnya.

0 komentar:

Posting Komentar