Format Buku Daftar Nilai Harian Kurikulum 2013 Kelas 1 s/d 6
Penilaian merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem pengajaran,sedangkan sistem pengajaran itu sendiri merupakan implemtasi kurikulum,sebagai upaya untuk menciptakan belajar di kelas. Fungsi utama evaluasi dalam kelas adalah untuk menentukkan keberhasilan pengajaran. Hasil-hasil dicapai langsung bertalian dengan penguasaan tujuan-tujuan yang menjadi target.
Pelaksanaan
penilaian dalam kurikulum 2013 lebih komplek bila dibandingkan dengan
penilaian di kurikum KTSP. Dalam proses penilain kurtilas, seorang guru
harus melakukan penilaian dari 4 aspek yaitu penilaian spiritual,
penilaian sosial, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.
Salah
satu adaministrasi yang harus disediakan dalam penilaian adalah adanya
buku nilai. Buku nilai berfungsi sebagai dokumentasi nilai siswa mulai
penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian
akhir semester/Tahun(PAS/PAT). Karena merupakan hal yang baru, admin
sangat kesulitan mendapatkan buku penilaian kurtilas yang sesuai dengan
kebutuhan.
Berdasarkan
hal tersebut, admin mencoba untuk membuat format buku penilaian
kurtilas yang dapat memenuhi kebutuhan admin secara pribadi sebagai
seorang pendidik. Penilaian kurtilas ini berbasis tema karena dalam
sistem pengajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar dilaksanakan dalam
bentuk tema, kecuali untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam dan mulok.
Ada
kesulitan tersendiri dalam pembuatan Buku Nilai Kurtilas ini. Salah
satunya karena kebijakan pemangku kepentingan dalam pembuatan buku
tematik yang tidak konsisten. Misalnya saja. dalam buku tematik kelas
atas semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 , mata pelajaran Matematika
dan Penjas orkes berada di luar muatan buku tematik. Namun di tahun
pelajaran 2018/2019, muatan pelajaran matematika kelas 4 dan 6 masuk
kembali ke dalam buku tematik.
Baca Juga :
Aplikasi Rapor K13 SD Kelas 1 s/d 6 Semester 2
Aplikasi Penilian Harian K 13 SD
Baca Juga :
Aplikasi Rapor K13 SD Kelas 1 s/d 6 Semester 2
Aplikasi Penilian Harian K 13 SD
Pelaksanaan
penilaian dalam kurikulum 2013 tidak jauh berbeda dengan penilaian
kurikulum KTSP yaitu mencakup penilaian harian, penilaian tengah
semester dan penilaian akhir semester. Penentuan bobot penilaian untuk
tiap-tiap periode penilaian diserahkan kepada sekolah masing-masing.
Namun dalam buku panduan penilaian SD kurikulm 2013 diberikan contoh
pembobotan penilaian antara lain:
a. Penilaian Harian
Nilai
untuk penilaian harian diperoleh melalui tes tulis, tes lisan dan
perbuatan. Tidak mesti semua tehnik penilain dilaksanakan dalam satu KD,
tapi tergantung situasi dan kondisi yang tersedia . Misalnya KD 3.1
Mapel PPKN diajarkan dalam Tema 1 Sub Tema 1, Sub Tema 2 Dan sub Tema 3.
Maka bisa saja penilaian dilaksanakan sebagai berikut: Pada akhir Sub
Tema 1 dilakukan penilaian secara lisan. Pada akhir Sub Tema 2
dilaksanakaan penilaian penugasan dan diakhir Tema 1 Sub Tema 3
dilksanaakan penilaian tertulis. Nilai akhir rata-rata harian KD 3.1
merupakan hasil rata-rata dari nilai yang diperoleh tadi atau bisa juga
dilakukan dengan sistem pembobotan seperti : 60% x nilai tes tulis + 40%
x (nilai tes lisan + nilai tugas:2)
b. Penilaian Tengah Semester
Penilaian
tengah semester dilaksanakan pada pertengahan semester. Mungkin tidak
semua KD yang diajarkan di semester bersangkutan akan memiliki nilai
tengah semester. Jika KD tersebut hanya diajarkan di buku tema 3, 4, 5
atau tema 8 dan 9 maka KD tersebut tidak akan memiliki nilai PTS.
c. Penilaian Akhir Semester/ akhir Tahun
Penilaian
akhir semester atau akhir tahun dilaksanakan di akhir semester/tahun.
Penilaian mencakup semua KD yang diajarkan di semester tersebut.
Pembobotan
penilaian untuk nilai akhir KD ditentukan sesuai kebijakan lembaga /
sekolah yang bersangkutan. Namun sebagai rambu-rambu, dalam Buku Panduan
Penilaian K13 SD di berikan contoh pengolahan penilaian akhir KD.
Pembobotannya antara lain:
a. Nilai akhir KD jika memiliki nilai PTS adalah : ((2 X NPH) + NPTS + NPAS):4
b. Nilai akhir KD yang tidak memiliki nilai PTS : ((2 X NPH ) + NPAS);3
c. Nilai akhir untuk muatan pelajaaran adalah nilai rata-rata dari nilai akhir KD.
Untuk penilaian kompetensi keterampilan, dalam Buku Paduan dijelaskan jika dalam satu kd dengan materi yang sama dilakukan 2 penilaian dengan tehnik yang sama ( misal dalam KD 4.1 melakukan penilaian praktek 2 kali), maka diambil nilai tertinggi. Namun jika penilaian dilakukan dengan tekhnik yang berbeda ( misal praktek, produk dan proyek), maka nilai akhir ditentukan dengan mencari rata-rata dari ketiga nilai tadi.
Demikian sekilas tentang penilaian dalam kurikulum 2013 sesuai Buku Panduan Penilaian K 13 yang diterbitkan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Dikdasmen Kemdikbud RI tahun 2016. Kembali kepada Buku Penilaian Harian K 13, bagi rekan-rekan yang membutuhkan format buku tersebut dapat mendownload di link di bawah ini:
2. Format Buku Penilaian K13 Kelas II Semester 2Untuk penilaian kompetensi keterampilan, dalam Buku Paduan dijelaskan jika dalam satu kd dengan materi yang sama dilakukan 2 penilaian dengan tehnik yang sama ( misal dalam KD 4.1 melakukan penilaian praktek 2 kali), maka diambil nilai tertinggi. Namun jika penilaian dilakukan dengan tekhnik yang berbeda ( misal praktek, produk dan proyek), maka nilai akhir ditentukan dengan mencari rata-rata dari ketiga nilai tadi.
Demikian sekilas tentang penilaian dalam kurikulum 2013 sesuai Buku Panduan Penilaian K 13 yang diterbitkan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Dikdasmen Kemdikbud RI tahun 2016. Kembali kepada Buku Penilaian Harian K 13, bagi rekan-rekan yang membutuhkan format buku tersebut dapat mendownload di link di bawah ini:
3. Format Buku Penilaian K 13 Kelas 3 Semester 2
4. Format Buku Penilaian K 13 Kelas 4 Semester 2
5. Format Penilaian K 13 Kelas 5 Semester 2
Buku Format Penilaian Kurtilas PAI SD semester 1
Format Buku Penilaian PJOK Kurtilas SD Semester 1
Buku Format Penilaian PJOK Kurtilas Semester 2
0 komentar:
Posting Komentar