GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT
Mapel/Kelompok Kompetensi
|
:
|
SD Awal - Kelompok Kompetensi B
|
Kompetensi
|
:
|
Profesional
|
Judul Modul
|
:
|
Teori dan Apresiasi Sastra
|
Alokasi Waktu
|
:
|
18 JP @ 45 menit = 810 menit
|
Deskripsi Singkat
|
:
|
Guru
Pembelajar ini merupakan pelatihan dengan moda tatap muka yang dipergunakan
oleh guru Sekolah Dasar Awal Pasca UKG. Pokok kajian kompetensi profesional B
ini adalah Teori dan Apresiasi Sastra yang terdiri atas pembahasan: (1) Teori
dan Genre Satra; (2) Satra Lama dan Satra Baru; (3) Apresiasi Sastra
|
Kompetensi
|
|
|
a. Kompetensi Inti
|
:
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran bahasa Indonesia.
|
b. Kompetensi Guru
|
:
|
1.
Memahami teori dan genre sastra Indonesia.
2.
Mampu mengapresiasi karya
sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.
|
Indikator Keberhasilan
|
Materi Pokok
|
Submateri Pokok
|
Metode
|
Alat Bantu
|
Estimasi Waktu
|
Referensi
|
1.
Menyebutkan teori sastra Indonesia.
2. Mendefinisikan
teori sastra Indonesia.
3. Mengidentifikasi
genre sastra.
4. Menganalisis
ciri-ciri genre sastra.
|
Teori Sastra
Genre Sastra
|
Definisi
Sastra
Puisi
Prosa
Drama
|
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Pemaparan/ceramah
|
LCD
Notebook
Whiteboard
Spidol
Speaker
|
3 JP @ 45 menit
|
Aminuddin. (2000). Pengantar
Apresiasi Karya Sastra. Bandung : PT. Sinar Baru Algensindo.
Luxemburg,
Jan Van, Mieke Bal, Willem G. Weststeijn (diterjemahkan oleh Dick Hartoko).
(1982). Pengantar Ilmu Sastra.
Jakarta: Gramedia.
McKnight,
Katherine S,. (2013). The Elementary Teacher’s Big Book of Graphic
Organizers. Uinited State of America: Jossey-Bass.
Nurgiantoro.
(2001). Penilaian dalam Pengajaran
Bahasa dan Sastra Edisi III, Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro,
Burhan. (2013).Teori Pengkajian Fiksi.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo,
Rachmat Djoko. (2014). Pengkajian Puisi.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sayuti, Suminto A. Tanpa tahun. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.
Sembodo, Edi,. (2010). Contekan
Pintar Sastra Indonesia Untuk SMP dan SMA. Jakarta: Hikmah.
Semi,
Atar. 1998. Menulis Efektif. Padang:
Angkasa.
Sitorus, Eka. 2002. The
Art Of Acting (Seni Peran untuk Teater dan Film). Jakarta: Gramedia
Graha Utama.
Sumardjo, Jakob & Saini K.M. (1988). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT
Gramedia.
Sumardjo, Jakob & Saini K.M. (1988). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT
Gramedia.
|
1.
Menyebutkan ciri-ciri
sastra lama.
2.
Menentukan bentuk-bentuk
sastra lama.
3.
Menyebutkan ciri-ciri
sastra baru.
4.
Membandingkan sastra
lama dan Menjelaskan perbedaan sastra lama dan sastra baru.
5. Mengidentifikasi prosa Indonesia.
6. Membedakan prosa lama dan prosa baru.
7. Menjelaskan bentuk puisi.
|
Sastra Lama dan Sastra Baru
|
Perbedaan sastra lama dan
sastra baru
Jenis puisi lama
Pantun
Seloka
Talibun
Karmina
Mantra
Gurindam
Syair
Jenis puisi baru
Balada
Himne
Ode
Epigram
Romance
Elegi
Satire
Distikon
Terzina
Kuatrain
Kuint
Sektet
Septime
Oktaf/Stanza
Soneta
Prosa lama
Hikayat
Dongeng
Mitos
Fabel
Legenda
Prosa baru
Cerpen
Novel
Roman Novelet
|
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Pemaparan/ceramah
|
LCD
Notebook
Whiteboard
Spidol
Speaker
|
5 JP @ 45 menit
|
|
|
|
Bunyi
Diksi
Bahasa kias
Imaji
Tema
Tokoh/penokohan
Alur/plot
Latar
Amanat
Sudut pandang
Tahapan menulis cerpen dan
puisi
Teknik menulis cerpen dan puisi
|
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Pemaparan/ceramah
|
LCD
Notebook
Whiteboard
Spidol
Speaker
|
7 JP @ 45 menit
|
|
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT
Mapel - Kelompok Kompetensi
|
:
|
SD Awal - Kelompok Kompetensi B
|
Kompetensi
|
:
|
Profesional
|
Judul Modul
|
:
|
Teori dan Apresiasi Sastra
|
Alokasi Waktu
|
:
|
18 JP @ 45 menit = 810 menit
|
TAHAPAN KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERSIAPAN
|
Mengecek
kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD
Projector, Laptop, File, Active
Speaker, dan Laser Pointer,
atau media pembelajaran lainnya.
|
10’
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta
diklat.
|
15’
|
Fasilitator mengupayakan suasana yang kondusif.
|
||
Fasilitator menjelaskan kompetensi,
tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran.
|
||
KEGIATAN INTI
Teori dan Genre Sastra
|
Brainstorming
|
135
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
|
||
Diskusi tanya jawab
|
||
Presentasi
|
||
Latihan soal uji kompetensi
|
||
KEGIATAN INTI
Sastra Lama dan
Sastra Baru
|
Brainstorming
|
225
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
|
||
Diskusi tanya jawab
|
||
Presentasi
|
||
Latihan soal uji kompetensi
|
||
KEGIATAN INTI
Apresias Sastra
|
Brainstorming
|
315
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
|
||
Diskusi tanya jawab
|
||
Presentasi
|
||
Latihan soal uji kompetensi
|
||
KEGIATAN PENUTUP
|
Mereview kegiatan belajar ....
|
110’
|
Refleksi dan umpan balik
|
||
Fasilitator menutup kegiatan
|
||
Jumlah alokasi
waktu
|
810
|
0 komentar:
Posting Komentar