Media Sosial

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

Harta Yang Paling Berharga adalah Keluarga

Mengenai Saya

Foto saya
Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
IRSAN SIHOMBING

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN
DIRIKU

Selasa, 09 Juni 2020

SILABUS-PROFESIONAL_B_AWAL


GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT

Mapel/Kelompok Kompetensi
:
SD Awal - Kelompok Kompetensi B
Kompetensi
:
Profesional
Judul Modul
:
Teori dan Apresiasi Sastra
Alokasi Waktu
:
18 JP @ 45 menit = 810 menit
Deskripsi Singkat
:
Guru Pembelajar ini merupakan pelatihan dengan moda tatap muka yang dipergunakan oleh guru Sekolah Dasar Awal Pasca UKG. Pokok kajian kompetensi profesional B ini adalah Teori dan Apresiasi Sastra yang terdiri atas pembahasan: (1) Teori dan Genre Satra; (2) Satra Lama dan Satra Baru; (3) Apresiasi Sastra

Kompetensi


a. Kompetensi Inti
:
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran bahasa Indonesia.
b. Kompetensi Guru
:
1.       Memahami teori dan genre sastra Indonesia.
2.      Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.

Indikator Keberhasilan
Materi Pokok
Submateri Pokok
Metode
Alat Bantu
Estimasi Waktu
Referensi
1.      Menyebutkan teori sastra Indonesia.

2.      Mendefinisikan teori sastra Indonesia.
3.      Mengidentifikasi genre sastra.
4.      Menganalisis ciri-ciri genre sastra.














Teori Sastra



Genre Sastra








Definisi Sastra




Puisi

Prosa

Drama
















Tanya jawab

Diskusi

Penugasan

Pemaparan/ceramah
LCD
Notebook
Whiteboard
Spidol
Speaker

3 JP @ 45 menit
Aminuddin. (2000). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : PT. Sinar Baru Algensindo.
Luxemburg, Jan Van, Mieke Bal, Willem G. Weststeijn (diterjemahkan oleh Dick Hartoko). (1982). Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
McKnight, Katherine S,. (2013). The Elementary Teacher’s Big Book of Graphic Organizers. Uinited State of America: Jossey-Bass.
Nurgiantoro. (2001).  Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi III, Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan. (2013).Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo, Rachmat Djoko. (2014). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sayuti,  Suminto A. Tanpa tahun. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.
Sembodo, Edi,. (2010). Contekan Pintar Sastra Indonesia Untuk SMP dan SMA. Jakarta: Hikmah.
Semi, Atar. 1998. Menulis Efektif. Padang: Angkasa.
Sitorus, Eka. 2002. The Art Of Acting (Seni Peran untuk Teater dan Film). Jakarta: Gramedia Graha Utama.
Sumardjo, Jakob & Saini K.M. (1988). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia. 
Sumardjo, Jakob & Saini K.M. (1988). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.
1.      Menyebutkan ciri-ciri sastra lama.
2.      Menentukan bentuk-bentuk sastra lama.


3.      Menyebutkan ciri-ciri sastra baru.
4.      Membandingkan sastra lama dan Menjelaskan perbedaan sastra lama dan sastra baru.
5.      Mengidentifikasi prosa Indonesia.
6.      Membedakan prosa lama dan prosa baru.

7.      Menjelaskan bentuk puisi.

Sastra Lama dan Sastra Baru
Perbedaan sastra lama dan sastra baru


Jenis puisi lama

Pantun
Seloka
Talibun
Karmina
Mantra
Gurindam
Syair


Jenis puisi baru

Balada
Himne
Ode
Epigram
Romance
Elegi
Satire
Distikon
Terzina
Kuatrain
Kuint
Sektet
Septime
Oktaf/Stanza
Soneta

Prosa lama
Hikayat
Dongeng
Mitos
Fabel
Legenda


Prosa baru
Cerpen
Novel
Roman Novelet

Tanya jawab

Diskusi

Penugasan

Pemaparan/ceramah
LCD
Notebook
Whiteboard
Spidol
Speaker

5 JP @ 45 menit

  1. Mengidentifikasi unsur instrinsik puisi.


  1. Mengidentifikasi unsur instrinsik prosa

  1. Menulis cerita pendek.
  2. Menulis puisi sederhana.

Bunyi
Diksi
Bahasa kias
Imaji




Tema
Tokoh/penokohan
Alur/plot
Latar
Amanat
Sudut pandang


Tahapan menulis cerpen dan puisi

Teknik menulis cerpen dan puisi

Tanya jawab

Diskusi

Penugasan

Pemaparan/ceramah
LCD
Notebook
Whiteboard
Spidol
Speaker

7 JP @ 45 menit


GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT

Mapel - Kelompok Kompetensi
:
SD Awal - Kelompok Kompetensi B
Kompetensi
:
Profesional
Judul Modul
:
Teori dan Apresiasi Sastra
Alokasi Waktu
:
18 JP @ 45 menit = 810 menit


TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
PERSIAPAN
Mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active Speaker, dan Laser Pointer, atau media pembelajaran lainnya.
10’
KEGIATAN PENDAHULUAN
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta diklat.
15’
Fasilitator mengupayakan suasana yang kondusif.
Fasilitator menjelaskan kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran.
KEGIATAN INTI
 Teori dan Genre Sastra
Brainstorming
135
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
Diskusi tanya jawab
Presentasi
Latihan soal uji kompetensi
KEGIATAN INTI
Sastra Lama dan Sastra Baru
Brainstorming
225
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
Diskusi tanya jawab
Presentasi
Latihan soal uji kompetensi
KEGIATAN INTI
Apresias Sastra
Brainstorming
315
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
Diskusi tanya jawab
Presentasi
Latihan soal uji kompetensi
KEGIATAN PENUTUP

Mereview kegiatan belajar ....
110’
Refleksi dan umpan balik
Fasilitator menutup kegiatan
Jumlah alokasi waktu
810

0 komentar:

Posting Komentar