GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT
Mapel/Kelompok Kompetensi
|
:
|
Tematik
Kelas Awal - Kelompok Kompetensi A
|
|||||||
Kompetensi
|
:
|
Profesional
|
|||||||
Judul Modul
|
:
|
PENGUASAAN DAN
KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA
|
|||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
18 JP @ 45 menit = 810 menit
|
|||||||
Deskripsi
Singkat
|
:
|
Materi ini menjelaskan tentang : (1) Hakikat, Fungsi, Kedudukan,
dan Ragam Bahasa Indonesia; (2) Pemerolehan Bahasa Anak; (3) Linguistik
Bahasa Indonesia; (4) Semantik Bahasa Indonesia; (5) Keterampilan Menyimak;
(6) Keterampilan Berbicara; (7) Keterampilan Membaca; dan (8) Keterampilan
Menulis.
|
|||||||
Kompetensi
|
|
|
|||||||
a. Kompetensi Inti
|
:
|
Menguasai materi, struktur,
konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran bahasa Indonesia.
|
|||||||
b. Kompetensi Guru
|
:
|
1.
Menjelaskan tahapan pemerolehan bahasa anak
2.
Menyebutkan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia
3.
Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia
(fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang
baik dan benar)
4.
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis
reseptif. Membaca (Membaca Menulis
Permulaan), membaca teks, membaca nyaring.
5.
Mengidentifikasi ragam bahasa
Indonesia
6.
Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata
kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
7.
Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna
kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon,
denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang
baik dan benar)
8.
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara
integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)
9.
Mengidentifikasi fakta yang terdapat dalam wacana
|
|||||||
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
METODE
|
ALAT BANTU / MEDIA
|
ESTIMASI WAKTU
|
REFERENSI
|
|||
|
Pemerolehan Bahasa
Anak
|
1.Pemerolehan bahasa anak
2. Faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan bahasa anak
3. Tahapan pemero lehan bahasa anak
|
Tanya jawab, diskusi
, penugasan,
pengutatan/
ceramah
|
LCD Projector,
Laptop/notebook whiteboard, Spidol, Speaker, white board, laser pointer.
|
90’
|
Depdiknas. 2009. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2009 Tentang Pedoman Umum Ejaan
Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Jakarta: Depdiknas.
|
|||
|
Hakikat,Kedudukan
dan Fungsi Bahasa Indonesia
|
1.
Hakikat Bahasa
2.
Kedudukan Bahasa
3.
Fungsi Bahasa
|
Tanya jawab, diskusi
, penugasan,
pengutatan/
ceramah
|
LCD Projector,
Laptop/notebook whiteboard, Spidol, Speaker, white board, laser pointer.
|
45’
|
Chaer, A. 2009. Psikolinguistik: Kajian
Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta
|
|||
3. Mengidentifikasi ragam bahasa Indonesia
|
Ragam Bahasa
|
Ragam Bahasa
berdasarkan:
a)Media (lisan dan tulisan)
b) Penutur (dialek, ragam resmi dan takresmi)
c) Pokok persoalan (ilmu,
hukum, niaga, sastra).
|
Tanya jawab, diskusi
, penugasan,
pengutatan/
ceramah
|
LCD Projector,
Laptop/notebook whiteboard,
Spidol, Speaker, white board, laser pointer.
|
90’
|
Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama
|
|||
4. Mengidentifikasi kaidah bahasa
Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik dan benar)
5. Menerapkan kaidah bahasa Indonesia
sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik
dan benar)
6. Mengidentifikasi
isi wacana (konten IPS)
7. Menidentifikasi
jenis wacana (konten IPS)
8. Mengidentifikasi
fakta yang terdapat dalam wacana
|
Kaidah bahasa
|
Kaidah Bahasa
Indonnesia :
1)
Linguistik (EYD dan tabahasa)
2)
Semantik (makna kata, majas,
dan peribahasa)
|
Tanya jawab, diskusi
, penugasan,
pengutatan/
ceramah
|
LCD Projector,
Laptop/notebook whiteboard,
Spidol, Speaker, white board, laser pointer.
|
180’
|
Mulyati, Yeti dkk. (2007) , Keterampilan
Berbahasa Indonesia SD Modul, Jakarta: Universitas Terbuka.
|
|||
9. Menerapkan prinsip dan prosedur
berbahasa secara integratif:
menyimak, berbicara, membaca, menulis.
|
|
Keterampilan Integratif : menyimak, berbicara, membaca, menulis.
|
Tanya jawab, diskusi
, penugasan,
pengutatan/
ceramah
|
LCD Projector,
Laptop/notebook whiteboard,
Spidol, Speaker, white board, laser pointer.
|
135’
|
|
|||
10. menerapkan prinsip dan prosedur
berbahasa secara tertulis reseptif.
Membaca (Membaca, Menulis Permulaan), membaca teks, membaca nyaring.
|
|
Keterampilan Reseptif : menyimak, berbicara, membaca, menulis.
|
Tanya jawab, diskusi
, penugasan,
pengutatan/
ceramah
|
LCD Projector,
Laptop/notebook whiteboard,
Spidol, Speaker, white board, laser pointer.
|
180’
|
|
|||
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT
Mapel - Kelompok Kompetensi
|
:
|
Tematik Kelas Awal - Kelompok Kompetensi A
|
Kompetensi
|
:
|
Profesional
|
Judul Modul
|
:
|
Penguasaan dan Keterampilan Berbahasa Indonesia
|
Alokasi Waktu
|
:
|
18 JP @ 45 menit = 810 menit
|
TAHAPAN KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERSIAPAN
|
Mengecek
kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD
Projector, Laptop, File, Active
Speaker, dan Laser Pointer,
atau media pembelajaran lainnya.
|
10’
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa
peserta diklat.
|
10’
|
Fasilitator mengupayakan suasana yang kondusif.
|
||
Fasilitator menjelaskan
kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan
pembelajaran.
|
||
KEGIATAN INTI
|
Brainstorming
|
20’
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 1
|
90’
|
|
Diskusi tanya jawab/mengerjakan tugas
|
|
|
Presentasi
|
|
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 2
|
90’
|
|
Diskusi tanya jawab/ mengerjakan tugas
|
|
|
Presentasi
|
|
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 3
|
90’
|
|
Diskusi tanya jawab/ mengerjakan tugas
|
|
|
Presentasi
|
|
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 4
|
90’
|
|
Diskusi tanya jawab/mengerjakan tugas
|
|
|
Presentasi
|
|
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 5
|
90’
|
|
Diskusi tanya jawab/mengerjakan tugas
|
|
|
Presentasi
|
|
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 6
|
90’
|
|
Diskusi tanya jawab/mengerjakan tugas
|
|
|
Presentasi
|
|
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 7
|
90’
|
|
Diskusi tanya jawab/mengerjakan tugas
|
|
|
Presentasi
|
|
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 8
|
90’
|
|
Diskusi tanya jawab/mengerjakan tugas
|
|
|
Presentasi
|
|
|
|
Latihan soal uji kompetensi
|
20’
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Presentasi
|
30’
|
Refleksi dan umpan balik
|
||
Fasilitator menutup kegiatan
|
||
Jumlah alokasi
waktu
|
810’
|
0 komentar:
Posting Komentar