Media Sosial

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

Harta Yang Paling Berharga adalah Keluarga

Mengenai Saya

Foto saya
Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
IRSAN SIHOMBING

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN
DIRIKU

Selasa, 09 Juni 2020

SILABUS_PROFESIONAL_A_AWAL


GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT

Mapel/Kelompok Kompetensi
:
Tematik  Kelas Awal - Kelompok Kompetensi  A
Kompetensi
:
Profesional
Judul Modul
:
PENGUASAAN DAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA
Alokasi Waktu  
:
18 JP @ 45 menit = 810 menit
Deskripsi Singkat
:
Materi ini menjelaskan tentang : (1) Hakikat, Fungsi, Kedudukan, dan Ragam Bahasa Indonesia; (2) Pemerolehan Bahasa Anak; (3) Linguistik Bahasa Indonesia; (4) Semantik Bahasa Indonesia; (5) Keterampilan Menyimak; (6) Keterampilan Berbicara; (7) Keterampilan Membaca; dan (8) Keterampilan Menulis.

Kompetensi


a. Kompetensi Inti
:
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran bahasa  Indonesia.
b. Kompetensi Guru
:

1.       Menjelaskan tahapan pemerolehan bahasa anak
2.       Menyebutkan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia
3.       Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
4.       Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. Membaca (Membaca  Menulis Permulaan), membaca teks, membaca nyaring.
5.        Mengidentifikasi ragam bahasa Indonesia
6.       Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
7.       Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
8.       Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)
9.       Mengidentifikasi fakta yang terdapat dalam  wacana

INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
METODE
ALAT BANTU / MEDIA
ESTIMASI WAKTU
REFERENSI

  1. Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa
Pemerolehan Bahasa Anak
1.Pemerolehan bahasa anak
2. Faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan bahasa anak
3. Tahapan pemero lehan bahasa anak
Tanya jawab, diskusi
, penugasan, pengutatan/
ceramah
LCD Projector,
Laptop/notebook whiteboard, Spidol, Speaker, white board, laser pointer.
90’
Depdiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2009 Tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Jakarta: Depdiknas.


  1. Menyebutkan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia


Hakikat,Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia
1.    Hakikat Bahasa
2.    Kedudukan Bahasa
3.    Fungsi Bahasa

Tanya jawab, diskusi
, penugasan, pengutatan/
ceramah

LCD Projector,
Laptop/notebook whiteboard, Spidol, Speaker, white board, laser pointer.
45’
Chaer, A. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta


3. Mengidentifikasi ragam bahasa Indonesia

Ragam Bahasa
Ragam Bahasa
berdasarkan:
a)Media (lisan dan tulisan)
b) Penutur (dialek, ragam resmi dan takresmi)
c) Pokok persoalan (ilmu, hukum, niaga, sastra).

Tanya jawab, diskusi
, penugasan, pengutatan/
ceramah
LCD Projector,
Laptop/notebook whiteboard, Spidol, Speaker, white board, laser pointer.
90’
Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama


4.       Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)

5.       Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)

6.       Mengidentifikasi isi wacana (konten IPS)

7.       Menidentifikasi jenis wacana (konten IPS)

8.       Mengidentifikasi fakta yang terdapat dalam wacana

Kaidah bahasa

Kaidah Bahasa Indonnesia :
1)      Linguistik (EYD dan tabahasa)
2)      Semantik (makna kata, majas, dan peribahasa)

Tanya jawab, diskusi
, penugasan, pengutatan/
ceramah
LCD Projector,
Laptop/notebook whiteboard, Spidol, Speaker, white board, laser pointer.
180’
Mulyati, Yeti dkk. (2007) , Keterampilan Berbahasa Indonesia SD Modul, Jakarta: Universitas Terbuka.



9.       Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis.

Keterampilan Integratif : menyimak, berbicara, membaca, menulis.

Tanya jawab, diskusi
, penugasan, pengutatan/
ceramah
LCD Projector,
Laptop/notebook whiteboard, Spidol, Speaker, white board, laser pointer.
135’


10.   menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. Membaca (Membaca, Menulis Permulaan), membaca teks, membaca nyaring.


Keterampilan Reseptif : menyimak, berbicara, membaca, menulis.

Tanya jawab, diskusi
, penugasan, pengutatan/
ceramah
LCD Projector,
Laptop/notebook whiteboard, Spidol, Speaker, white board, laser pointer.
180’













GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT

Mapel - Kelompok Kompetensi
:
Tematik Kelas Awal  - Kelompok  Kompetensi  A
Kompetensi
:
Profesional
Judul Modul
:
Penguasaan dan Keterampilan Berbahasa Indonesia
Alokasi Waktu  
:
18 JP @ 45 menit = 810 menit


TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
PERSIAPAN
Mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active Speaker, dan Laser Pointer, atau media pembelajaran lainnya.
10’
KEGIATAN PENDAHULUAN
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta diklat.
10’
Fasilitator mengupayakan suasana yang kondusif.
Fasilitator menjelaskan kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran.

KEGIATAN INTI

Brainstorming
20’
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 1
90’
Diskusi tanya jawab/mengerjakan tugas

Presentasi

Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 2
90’
Diskusi tanya jawab/ mengerjakan tugas

Presentasi

Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 3
90’
Diskusi tanya jawab/ mengerjakan tugas

Presentasi

Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 4
90’
Diskusi tanya jawab/mengerjakan tugas

Presentasi

Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 5
90’
Diskusi tanya jawab/mengerjakan tugas

Presentasi

Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 6
90’
Diskusi tanya jawab/mengerjakan tugas

Presentasi

Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 7
90’
Diskusi tanya jawab/mengerjakan tugas

Presentasi

Mengkaji materi dan melakukan aktivitas 8
90’
Diskusi tanya jawab/mengerjakan tugas

Presentasi


Latihan soal uji kompetensi
20’
KEGIATAN PENUTUP

Presentasi
30’
Refleksi dan umpan balik
Fasilitator menutup kegiatan
Jumlah alokasi waktu
810’

0 komentar:

Posting Komentar