Media Sosial

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

Harta Yang Paling Berharga adalah Keluarga

Mengenai Saya

Foto saya
Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
IRSAN SIHOMBING

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN
DIRIKU

Selasa, 09 Juni 2020

RPP PELATIHAN GOLDEN BOUTIQUE






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TEMATIK TERPADU

SEKOLAH DASAR
KELAS IV SEMESTER 1

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    : SEKOLAH DASAR
Kelas / semester          : IV / 1
Tema / subtema          : Indahnya Kebersamaan
                                       Bersyukur Atas Keberagaman
Pertemuan ke             : 5 (Bahasa Indonesia,  IPA, dan PJOK)
Alokasi waktu            : 1 Hari (6 jam pelajaran @ 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
1.2  Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.1  Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.1  Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1  Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.5  Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
4.4  Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi

PJOK
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.3  Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.2  Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil


C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Menulis laporan kegiatan percobaan tentang sifat bunyi yang dapat dipantulkan dan diserap dengan menggunakan kosakata baku
IPA
Membedakan bunyi pantul (gema dan gaung)
PJOK
Mendemonstrasikan keterampilan melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menuliskan hasil percobaan tentang sifat bunyi yang dapat dipantulkan dan diserap dengan mengunakan kosakata baku.
2.      Setelah melakukan percobaan dan membaca teks, siswa mampu membedakan bunyi pantul (gema dan gaung) dengan benar.
3.      Dengan bermain kasti, siswa mampu mengaplikasikan keterampilan melempar dan menangkap bola dengan benar.

E.     MATERI
Bahasa Indonesia
Penggunaan kosakata baku
IPA
Bunyi pantul (gema dan gaung) dan bunyi diserap
PJOK
Keterampilan melempar dan menangkap bola pada permainan bola kecil.



F.       PENDEKATAN & METODE
Model                  : Tematik Terpadu
Pendekatan          : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Metode                : Tanya Jawab, Diskusi, Percobaan, dan Permainan

G.      SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak
·         Lingkungan sekolah (lapangan, ruang kelas)
·         Buku Tematik Kelas 4
·         Peralatan kasti (bola kasti dan pemukul).
·         Peralatan percobaan bunyi berupa piring kaca, piring plastik, piring kaleng, gabus, dua tabung kertas, beberapa buku, dan arloji/jam dinding yang berdetak
·         Lembar kerja percobaan

                           

H.       KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan, alokasi waktu 10 menit
1.      Semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.      Siswa melakukan dinamika dengan tepuk nyamuk
4.      Siswa menyimak  tema belajar, kegiatan belajar, dan alur kegiatan belajar yang disampaikan guru.
5.      Siswa membagi diri menjadi dua kelompok dengan pembagian yang merata antara laki-laki dan perempuan.
Guru meminta siswa untuk menerima siapa pun yang masuk dalam kelompoknya. Guru memberikan penghargaan tentang hal ini agar mereka termotivasi untuk selalu membiasakan diri mensyukuri kebergaman sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa.

6.      Siswa menyebutkan keterampilan yang diperlukan dalam bermain kasti dan sikap yang diperlukan dalam bermain kasti.
7.      Menyiapkan peralatan bermain kasti.

Kegiatan Inti, alokasi waktu 185 menit
1.      Siswa pergi ke lapangan untuk melakukan kegiatan olahraga.
2.      Siswa melakukan pemanasan. Pemanasan dilakukan minimal 10 menit diutamakan pada bagian tubuh yang akan dilatihkan.
3.      Siswa mengungkapkan tujuan dilakukan pemanasan
4.      Siswa melakukan permainan kasti yang dilakukan antara dua kelompok yang telah dibentuk.

5.      Setelah melakukan permainan kasti, siswa menyebutkan  jenis keterampilan apa saya yang telah dilakukan selama permainan kasti.
6.      Disamping itu siswa juga menjawab tentang sikap apa saja yang harus dimunculkan dalam permainan kasti.
7.      Siswa menirukan  contoh cara melempar bola melambung, melempar bola mendatar atau lurus, melempar bola rendah, dan melempar bola rata tanah.
8.      Siswa menirukan contoh cara menangkap bola melambung, menangkap bola mendatar atau lurus, menangkap bola rendah, dan menangkap bola rata tanah.

9.      Siswa memeragakan aktivitas lempar tangkap bola kecil berdasarkan contoh yang diberikan guru.
10.  Guru memberikan koreksi apabila cara yang dilakukan siswa belum tepat, dan siswa dapat bertanya apabila belum sepenuhnya memahami.


11.  Sebelum kembali ke kelas, siswa berteriak keras-keras dengan memanggil nama temannya yang berada di kejauhan atau meluapkan perasaan gembiranya.
12.  Siswa diajak untuk berteriak keras-keras dengan memanggil nama temannya yang berada di salah satu sudut ruang kelas.

13.  Siswa diberi kesempatan untuk berfikir mengenai dua hal yang telah dilakukan.
14.  Siswa mengungkapkan hasil perbandingan perbedaan suara yang di lapangan dengan suara yang di ruang kelas.
15.  Beberapa orang siswa memberikan tambahan atau tanggapan atas pendapat temannya.
16.  Guru juga memberikan kesempatan kepada siswa lainnya untuk memberikan pendapat yang mendukung ataupun yang berbeda.

17.  Guru bersama siswa bersama-sama menyamakan konsep tentang gema dan gaung

18.  Siswa membagi diri menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang tiap kelompok.
19.  Siswa menyiapkan peralatan percobaan.
20.  Siswa untuk kemudian melakukan percobaan dengan mengikuti langkah-langkah seperti yang tercantum di buku teks.
21.  Siswa melakukan percobaan tentang bunyi, untuk membuktikan sifat bunyi, yaitu bunyi dapat dipantulkan dan dapat diserap.
22.  Selama kegiatan percobaan, guru meminta setiap siswa untuk memperhatikan dan mengamati dengan seksama.
23.  Selama kegiatan percobaan guru memantau kegiatan siswa dan kemudian mencatatnya dalam lembar pengamatan.

24.  Setelah percobaan, siswa berdiskusi dalam kelompok.
25.  Siswa menyimpulkan hasil percobaan
26.  Perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil percobaannya secara lisan menggunakan bahasa baku.
27.  Kelompok lain memberikan tambahan atau tanggapan.
28.  Setelah melakukan diskusi kelompok, setiap siswa menuliskan laporan singkat percobaan di tabel yang tersedia dengan  menggunakan kosakata baku yaitu yang sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia yang benar.
29.  Siswa membaca buku pelajaran untuk memperkuat hasil percobaan yang telah mereka lakukan. 

30.  Siswa bertanya apabila ada hal-hal yang belum dipahami secara utuh.
31.  Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya berupa laporan.
32.  Guru memeriksa lembar kerja siswa yang diserahkan dan memastikan bawa setiap siswa telah mengumpulkan dan mengisinya sesuai dengan rambu-rambu yang telah diberikan.

Kegiatan Penutup, alokasi waktu 15 menit
1.      Melakukan refleksi dengan menanyakan bagaimana perasaan siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama sehari.
2.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
3.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian indikator) sebagai bagian dari penilaian.
4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

I.         PENILAIAN
  1. Aspek Penilaian
Penilaian mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait dengan muatan pelajaran.
2.      Instrumen Penilaian
a.       Penilaian untuk aspek pengetahuan dilakukan dengan menggunakan tes yang bisa disampaikan secara tertulis atau lisan.
b.      Penilain Sikap
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
c.       Penilaian Keterampilan
Menggunakan rubric yang secara khusus disiapkan untuk menilai keterampilan siswa.
3.      Bentuk Instrumen
Bentuk instrument untuk penilaian aspek pengetahuan menggunakan tes yang dapat disampaikan secara lisan atau tertulis, sedangkan instrument untuk penilaian aspek sikap dan keterampilan menggunakan rubric/format dalam bentuk ceklist.





Bentuk Instrument penilaian pengetahuan
1.      Apakah perbedaan kosakata baku dengan kosa kata tidak baku?
2.      Kemukakan 5 contoh kosakata baku dan kosakata tidak baku.
3.      Apa saja sumber bunyi?
4.      Apa saja media perambatan bunyi?
5.      Apa hubungan bunyi dengan indra pendengaran?
6.      Apa yang kamu ketahui tentang pemantulan bunyi?
7.      Apa yang kamu ketahui tentang cepat rambat bunyi?
8.      Apa yang kamu ketahui tentang penyerapan bunyi?
9.      Bagaimana perbedaan cara melempar bola melambung dan bola mendatar?
10.  Jelaskan bagaimana cara menangkap bola rata tanah.


Bentuk Instrumen penilaian sikap
1.      Penilaian sikap Bahasa Indonesia

No.
Kriteria
Bagus sekali
Bagus
Cukup
Perlu belajar
1
Penggunaan kosakata baku pada saat pelaporan lisan




2
Keberanian dalam mengungkapkan ide secara lisan.




3
Kerapian penulisan laporan percobaan





2.      Penilaian sikap IPA
No.
Sikap
Bagus sekali
Bagus
Cukup
Perlu belajar
1
Teliti dan tertib




2
Bertanggung jawab




3
Bekerja sama




4
Partisipasi




5
Menerima keberagaman dalam kelompok





3.      Penilaian sikap PJOK
No.
Kriteria
Bagus sekali
Bagus
Cukup
Perlu belajar
1
Pantang menyerah




2
Gigih berusaha




3
Berani




4
Kerja sama




5
Menerima keberagaman dalam kelompok




6
Tertib






Bentuk Instrumen Penilaian Keterampilan

1.      Penilaian Keterampilan Bahasa Indonesia
No.
Kriteria
Bagus sekali
Bagus
Cukup
Perlu belajar
1
Kemampuan merumuskan tujuan




2
Kemampuan menjelaskan langkah kerja




3
Kemampuan membuat rumusan kesimpulan




4
Penggunaan kosa kata baku






2.      Penilaian keterampilan PJOK
No.
Kriteria
Bagus sekali
Bagus
Cukup
Perlu belajar
1
Melempar bola lambung




2
Melempar bola datar




3
Melempar bola rendah




4
Melempar bola rata tanah




5
Menangkap bola lambung




6
Menangkap bola datar




7
Menangkap bola rendah




8
Menangkap bola rata tanah




                 
3.      Penilaian keterampilan IPA
No.
Kriteria
Bagus sekali
Bagus
Cukup
Perlu belajar
1
Perlengkapan dan bahan




2
Menggunakan peralatan secara tepat




3
Mengikuti langkah-langkah




4
Kesimpulan









Mengetahui                                                                Guru Kelas IV
Kepala Sekolah,                                                                   




....................................................                                ...............................................                                    
NIP .............................................                               NIP  ........................................

0 komentar:

Posting Komentar