GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT
Mapel/Kelompok
Kompetensi
|
:
|
SD KELAS AWAL- Kelompok Kompetensi D
|
||||||
Kompetensi
|
:
|
Profesional
|
||||||
Judul Modul
|
:
|
Geometri Dan
Pengukuran Awal
|
||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
18 JP @ 45 menit = 910 menit
|
||||||
Deskripsi Singkat
|
:
|
Modul ini bertujuan
untuk memfasilitasi para guru SD kelas awal guna meningkatkan
kompetensinya dalam pembelajaran Geometri Dan Pengukuran di
kelas yang diampunya.
|
||||||
Kompetensi
|
|
|
||||||
a. Kompetensi Inti
|
:
|
10. Melakukan tindakan reflektif untuk
peningkatan kualitas pembelajaran.
|
||||||
b. Kompetensi Guru
|
:
|
10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan
10.2 Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan
pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
|
||||||
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
METODE
|
ALAT BANTU / MEDIA
|
ESTIMASI WAKTU
|
REFERENSI
|
||
1.
Menjelaskan
konsep, prinsip, tujuan, dan sasaran refleksi pembelajaran serta mampu melaksanakan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
1.1.
Refleksi
Pembelajaran
|
1.1.1 konsep dan
definisi kegiatan reflektif terhadap
pembelajaran
1.1.2 prinsip refleksi
pembelajaran
1.1.3 tujuan dan sasaran
refleksi pembelajaran
1.1.4 teknik-teknik refleksi pembelajaran
|
1. Tanya jawab
2. Diskusi
3. Presentasi
|
1.
Laptop
2.
LCD
Projector
3.
Whiteboard/
Flipchart
|
5 jp (
|
Modul Kelompok Kompetensi D (Profesional):
-
Refleksi
Pembelajaran dan Tindaklanjutnya melalui Penelitian Tindakan Kelas
|
||
2. Menindaklanjuti
refleksi pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas
|
2.1 Penelitian Tindakan Kelas
|
2.1.1 pengertian
2.1.2 prinsip PTK
2.1.3 karakteristik PTK
2.1.4 tujuan PTK
2.1.5 desain PTK
|
1. Tanya jawab
2. Diskusi
3. Presentasi
|
1. Laptop
2. LCD Projector
3. Whiteboard/ Flipchart
|
|
Modul Kelompok Kompetensi D (Profrsional):
-
Refleksi Pembelajaran
dan Tindaklanjutnya melalui Penelitian Tindakan Kelas
|
||
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT
Mapel - Kelompok Kompetensi
|
:
|
SD Kelas Awal - Kelompok Kompetensi D
|
Kompetensi
|
:
|
Profesuonal
|
Judul Modul
|
:
|
Geometri dan Pengukuran Awal
|
Alokasi Waktu
|
:
|
18 JP @ 45 menit = 810 menit
|
TAHAPAN KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta
diklat.
|
15 menit
|
Fasilitator mengupayakan suasana pembelajaran yang kondusif.
|
||
Fasilitator menjelaskan
kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan
pembelajaran.
|
||
KEGIATAN INTI
(1.
Refleksi Pembelajaran)
|
Brainstorming (curah pendapat) terkait masalah geometri dan pengukuran
awal
|
20 menit
|
Diskusi mengkaji materi dan menyelesaikan aktivitas pembelajaran yang ada di modul
|
45 menit
|
|
Presentasi
|
55 menit
|
|
Latihan soal uji kompetensi
|
15 menit
|
|
KEGIATAN INTI
(2.
Penelitian Tindakan Kelas)
|
Brainstorming (curah pendapat) terkait masalah geometri
dan pengukuran awal
|
30 menit
|
Diskusi mengkaji materi dan menyelesaikan aktivitas pembelajaran yang ada di modul
|
90 menit
|
|
Presentasi
|
90 menit
|
|
Latihan soal uji kompetensi
|
15 menit
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Mereview (mengkaji ulang) kegiatan
belajar yang telah
berlangsung
|
30 menit
|
Refleksi dan umpan balik
|
||
Fasilitator menutup kegiatan
|
||
Jumlah alokasi
waktu
|
405 menit
|
0 komentar:
Posting Komentar