Media Sosial

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

Harta Yang Paling Berharga adalah Keluarga

Mengenai Saya

Foto saya
Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
IRSAN SIHOMBING

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN
DIRIKU

Selasa, 09 Juni 2020

SILABUS_PROFESIONAL_D_AWAL


GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT

Mapel/Kelompok Kompetensi
:
SD KELAS AWAL- Kelompok Kompetensi D
Kompetensi
:
Profesional
Judul Modul
:
Geometri Dan Pengukuran Awal
Alokasi Waktu
:
18 JP @ 45 menit = 910 menit
Deskripsi Singkat
:
Modul ini bertujuan untuk  memfasilitasi para guru SD kelas awal guna meningkatkan kompetensinya dalam pembelajaran Geometri Dan Pengukuran di kelas yang diampunya.
Kompetensi


a. Kompetensi Inti
:
10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
b. Kompetensi Guru
:
10.1     Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
10.2     Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
10.3     Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
METODE
ALAT BANTU / MEDIA
ESTIMASI WAKTU
REFERENSI
1.      Menjelaskan konsep, prinsip, tujuan, dan sasaran refleksi pembelajaran serta mampu melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
1.1.   Refleksi Pembelajaran
1.1.1   konsep dan definisi  kegiatan reflektif terhadap pembelajaran
1.1.2   prinsip refleksi pembelajaran
1.1.3   tujuan dan sasaran refleksi  pembelajaran
1.1.4   teknik-teknik  refleksi pembelajaran
1.      Tanya jawab
2.      Diskusi
3.      Presentasi
1.     Laptop
2.     LCD Projector
3.     Whiteboard/
Flipchart
5 jp (
Modul Kelompok Kompetensi D (Profesional):
-       Refleksi Pembelajaran dan Tindaklanjutnya melalui Penelitian Tindakan Kelas
2.      Menindaklanjuti refleksi pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas
2.1 Penelitian Tindakan Kelas
2.1.1    pengertian
2.1.2    prinsip PTK
2.1.3    karakteristik PTK
2.1.4    tujuan PTK
2.1.5    desain PTK
1.      Tanya jawab
2.      Diskusi
3.      Presentasi
1. Laptop
2. LCD Projector
3. Whiteboard/ Flipchart

Modul Kelompok Kompetensi D (Profrsional):
-       Refleksi Pembelajaran dan Tindaklanjutnya melalui Penelitian Tindakan Kelas











GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT

Mapel - Kelompok Kompetensi
:
SD Kelas Awal - Kelompok Kompetensi D
Kompetensi
:
Profesuonal
Judul Modul
:
Geometri dan Pengukuran Awal
Alokasi Waktu
:
18 JP @ 45 menit = 810 menit



TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
KEGIATAN PENDAHULUAN
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta diklat.
15 menit
Fasilitator mengupayakan suasana pembelajaran yang kondusif.
Fasilitator menjelaskan kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran.
KEGIATAN INTI
(1.    Refleksi Pembelajaran)

Brainstorming (curah pendapat) terkait masalah geometri dan pengukuran awal
20 menit
Diskusi mengkaji materi dan menyelesaikan aktivitas pembelajaran yang ada di modul
45 menit
Presentasi
55 menit
Latihan soal uji kompetensi
15 menit
KEGIATAN INTI
(2.    Penelitian Tindakan Kelas)

Brainstorming  (curah pendapat) terkait masalah geometri dan pengukuran awal
30 menit
Diskusi mengkaji materi dan menyelesaikan aktivitas pembelajaran yang ada di modul
90 menit
Presentasi
90 menit
Latihan soal uji kompetensi
15 menit
KEGIATAN PENUTUP

Mereview (mengkaji ulang)  kegiatan belajar yang telah berlangsung
30 menit
Refleksi dan umpan balik
Fasilitator menutup kegiatan
Jumlah alokasi waktu
405 menit



0 komentar:

Posting Komentar