Media Sosial

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

Harta Yang Paling Berharga adalah Keluarga

Mengenai Saya

Foto saya
Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
IRSAN SIHOMBING

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN
DIRIKU

Selasa, 09 Juni 2020

SILABUS_PEDAGOGIK_B_AWAL


GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT


Mapel/Kelompok Kompetensi
:
SD Kelas awal - Kelompok Kompetensi B

Kompetensi
:
Pedagogik

Judul Modul
:
Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran

Alokasi Waktu          
:
9 JP @ 45 menit = 405 menit

Deskripsi Singkat
:
Mata diklat ini membahas materi pedagogik untuk meningkatkan kompetensi guru/peserta diklat dalam memahami
1.        teori belajar, dan
2.        prinsip-prinsip pembelajaran


Kompetensi



a. Kompetensi Inti
:
2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.



b. Kompetensi Guru
:
2.1. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik


INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
METODE
ALAT BANTU / MEDIA
ESTIMASI WAKTU
REFERENSI

Peserta diklat dapat menjelaskan:
1.      Menjelaskan pentingnya guru perlu mempelajari teori belajar
2.      Menjelaskan hakekat belajar dan berbagai teori belajar dengan benar
3.      Menjelaskan peran hakekat belajar untuk merumuskan berbagai teori belajar.
4.      Membedakan behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme dan humanism


Teori Belajar

1.    Teori Belajar dalam Aliran Behaviorisme
2.    Teori Belajar dalam Aliran Kognitivisme
3.    Teori Belajar dalam Aliran Konstruktivisme
4.    Teori Belajar dalam Aliran Humanisme



curah pendapat,  tanya jawab, diskusi,  presentasi,

Laptop, LCD Projector, papan tulis, board paper/flip chart

5 JP @ 45 menit = 225 menit
1.     Baharuddin dan Esa Nur Wahyun (2015) Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
2.     Cruickshank, Jenkins & Metcalf  (2012) The Act of Teaching 6th ed. Singapore: McGraw Hill Education
3.     Degeng, N.S. (2013) Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup & Aras Media
4.     Eggen & Kauchak (2007) Educational Psychology: Windows on Classrooms 7th Ed. Upper Sadle River, NJ: Pearson
5.     Herman Hudoyo (1988) Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, PPLPTK
6.     Karso., dkk (2013) Pendidikan Matematika 1.  Tangerang Selatan: Penerbit UT
7.     Nur Hamiyah dan Muhammad Jauhari (2014) Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya
8.     Rusman (2012) Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfa Beta
9.     Slavin, R.E (2009) Educational Pshycology: Theory into Practice 9th ed. Engelwood: Prentice Hall
10. Suranto (2015) Teori Belajar & Pembelajaran Kontemporer. Yogyakarta: LaksBang Pressindo
11. Suyono dan Haryanto (2014) Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
12. Udin S. Winataputra, dkk  (2007) Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Peserta diklat dapat:
1.      Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran
2.      Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip pembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar
3.      Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip pembelajaran bagi guru  Sekolah Dasar



Prinsip-prinsip pembelajaran

1.     Prinsip-prinsip pembelajaran
2.     Implikasi prinsip-prinsip pembelajaran bagi siswa SD
3.     Implikasi prinsip-prinsip pembelajaran bagi guru

curah pendapat,  tanya jawab, diskusi,  presentasi

Laptop, LCD Projector, papan tulis, board paper/flip chart

4 JP @ 45 menit = 180 menit












GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT

Mapel - Kelompok Kompetensi
:
SD kelas awal- Kelompok Kompetensi B
Kompetensi
:
Pedagogik
Judul Modul
:
Pengembangan Kurikulum 2
Alokasi Waktu          
:
9 JP @ 45 menit = 405 menit


TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU (menit)
PERSIAPAN
Mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, flip chart/board paper dan media pembelajaran lainnya.

KEGIATAN PENDAHULUAN
Fasilitator menjelaskan kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran. (2 kegiatan pembelajaran)
20
KEGIATAN INTI 1

Brainstorming:
1.      teori belajar apa saja yang diketahui dan apa fokus dari masing-masing  teori belajar itu
2.      mengapa guru perlu mempelajari teori belajar

20
Mempelajari materi dan dalam kelompok kecil berdiskusi mengerjakan aktivitas pembelajaran yang ada di modul
80
Presentasi
75
Latihan 1
30
KEGIATAN INTI 2

Brainstorming:
1.      prinsip-prinsip pembelajaran yang diketahui peserta diklat,
2.      bagaimana menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran itu.

20
Mempelajari materi dan dalam kelompok kecil berdiskusi mengerjakan aktivitas pembelajaran yang ada di modul
60
Presentasi
60
Latihan 2
20
KEGIATAN PENUTUP

Mereview kegiatan belajar
20
Refleksi dan umpan balik
Fasilitator menutup kegiatan
Jumlah alokasi waktu
405

0 komentar:

Posting Komentar