GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT
Mapel/Kelompok
Kompetensi
|
:
|
SD Kelas awal - Kelompok Kompetensi B
|
|||||||
Kompetensi
|
:
|
Pedagogik
|
|||||||
Judul Modul
|
:
|
Teori Belajar
dan Prinsip Pembelajaran
|
|||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
9 JP @ 45 menit = 405
menit
|
|||||||
Deskripsi Singkat
|
:
|
Mata diklat ini membahas
materi pedagogik untuk meningkatkan kompetensi guru/peserta diklat dalam
memahami
1.
teori belajar, dan
2.
prinsip-prinsip pembelajaran
|
|||||||
Kompetensi
|
|
|
|||||||
a. Kompetensi
Inti
|
:
|
2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik.
|
|||||||
b. Kompetensi
Guru
|
:
|
2.1.
Memahami berbagai teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik |
|||||||
INDIKATOR
KEBERHASILAN
|
MATERI
POKOK
|
SUBMATERI
POKOK
|
METODE
|
ALAT
BANTU / MEDIA
|
ESTIMASI
WAKTU
|
REFERENSI
|
|||
Peserta diklat dapat menjelaskan:
1. Menjelaskan
pentingnya guru perlu mempelajari teori belajar
2. Menjelaskan
hakekat belajar dan berbagai teori belajar dengan benar
3. Menjelaskan
peran hakekat belajar untuk merumuskan berbagai teori belajar.
4. Membedakan
behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme dan humanism
|
Teori Belajar
|
1. Teori Belajar dalam Aliran
Behaviorisme
2. Teori
Belajar dalam Aliran Kognitivisme
3. Teori
Belajar dalam Aliran Konstruktivisme
4. Teori
Belajar dalam Aliran Humanisme
|
curah pendapat,
tanya jawab, diskusi,
presentasi,
|
Laptop, LCD Projector, papan tulis, board paper/flip
chart
|
5
JP @ 45 menit = 225 menit
|
1. Baharuddin dan Esa Nur Wahyun (2015) Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
2. Cruickshank, Jenkins & Metcalf
(2012) The Act of Teaching 6th
ed. Singapore: McGraw Hill Education
3. Degeng, N.S. (2013) Ilmu
Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk pengembangan Teori dan Penelitian.
Bandung: Kalam Hidup & Aras Media
4. Eggen & Kauchak (2007) Educational
Psychology: Windows on Classrooms 7th Ed. Upper Sadle River,
NJ: Pearson
5. Herman Hudoyo (1988) Mengajar
Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, PPLPTK
6. Karso., dkk (2013) Pendidikan
Matematika 1. Tangerang Selatan:
Penerbit UT
7. Nur Hamiyah dan Muhammad Jauhari (2014) Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya
8. Rusman (2012) Belajar dan
Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfa Beta
9. Slavin, R.E (2009) Educational
Pshycology: Theory into Practice 9th ed. Engelwood: Prentice Hall
10. Suranto (2015) Teori Belajar
& Pembelajaran Kontemporer. Yogyakarta: LaksBang Pressindo
11. Suyono dan Haryanto (2014) Belajar
dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
12. Udin S. Winataputra, dkk (2007)
Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta:
Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
|
|||
Peserta diklat dapat:
1. Menjelaskan
prinsip-prinsip pembelajaran
2. Menjelaskan
implikasi prinsip-prinsip pembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar
3. Menjelaskan
implikasi prinsip-prinsip pembelajaran bagi guru Sekolah Dasar
|
Prinsip-prinsip pembelajaran
|
1.
Prinsip-prinsip
pembelajaran
2.
Implikasi
prinsip-prinsip pembelajaran bagi siswa SD
3.
Implikasi
prinsip-prinsip pembelajaran bagi guru
|
curah pendapat,
tanya jawab, diskusi,
presentasi
|
Laptop, LCD Projector, papan tulis, board paper/flip
chart
|
4
JP @ 45 menit = 180 menit
|
||||
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT
Mapel - Kelompok
Kompetensi
|
:
|
SD kelas awal- Kelompok Kompetensi B
|
Kompetensi
|
:
|
Pedagogik
|
Judul Modul
|
:
|
Pengembangan Kurikulum 2
|
Alokasi Waktu
|
:
|
9 JP @ 45 menit = 405
menit
|
TAHAPAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
WAKTU
(menit)
|
PERSIAPAN
|
Mengecek kelengkapan alat
pembelajaran, seperti LCD Projector,
Laptop, File, flip chart/board paper dan media pembelajaran lainnya.
|
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Fasilitator menjelaskan kompetensi, tujuan,
indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran. (2 kegiatan
pembelajaran)
|
20
|
KEGIATAN INTI 1
|
Brainstorming:
1. teori belajar apa saja yang diketahui dan
apa fokus dari masing-masing teori
belajar itu
2. mengapa guru perlu mempelajari teori belajar
|
20
|
Mempelajari
materi dan dalam kelompok kecil berdiskusi mengerjakan aktivitas pembelajaran
yang ada di modul
|
80
|
|
Presentasi
|
75
|
|
Latihan 1
|
30
|
|
KEGIATAN INTI 2
|
Brainstorming:
1. prinsip-prinsip pembelajaran yang diketahui
peserta diklat,
2. bagaimana menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran itu.
|
20
|
Mempelajari
materi dan dalam kelompok kecil berdiskusi mengerjakan aktivitas pembelajaran
yang ada di modul
|
60
|
|
Presentasi
|
60
|
|
Latihan 2
|
20
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Mereview
kegiatan belajar
|
20
|
Refleksi dan
umpan balik
|
||
Fasilitator
menutup kegiatan
|
||
Jumlah alokasi waktu
|
405
|
0 komentar:
Posting Komentar