Media Sosial

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

Harta Yang Paling Berharga adalah Keluarga

Mengenai Saya

Foto saya
Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
IRSAN SIHOMBING

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN
DIRIKU

Selasa, 09 Juni 2020

SILABUS_PEDAGOGIK_C_AWAL


GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT


Mapel/Kelompok Kompetensi
:
SD Kelas AWAL - Kelompok Kompetensi C

Kompetensi
:
Pedagogik

Judul Modul
:
Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di Sekolah  Dasar

Alokasi Waktu          
:
9 JP @ 45 menit = 405  menit

Deskripsi Singkat
:
Desain kurikulum merupakan suatu pengorganisasian tujuan, isi, serta  proses belajar yang akan diikuti peserta didik pada berbagai tahap perkembangan pendidikan. Dalam desain kurikulum, ada dua dimensi penting, yaitu: (1) substansi, unsur-unsur serta organisasi dari dokumen tertulis kurikulum, (2) model pengorganisasian dan bagian-bagian kurikulum terutama organisasi dan proses pengajaran.

Kompetensi



a. Kompetensi Inti
:
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

b. Kompetensi Guru
:
1.      Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
2.      Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI

INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
METODE
ALAT BANTU / MEDIA
ESTIMASI WAKTU
REFERENSI


1)     Menjelaskan rasional pengembangan Kurikulum


2)     Mengindentifikasi prinsip pengembangan kurikulum


3)     Menjelaskan fungsi dan peranan kurikulum



4)     Mengidentifikasi karakteristik pada tiap kurikulum


 

1.    RASIONAL PENGEMBANGAN KURIKULUM













1)   Rasional pengembangan Kurikulum

2)   Prinsip pengembangan kurikulum

3)   Fungsi dan peranan kurikulum



4)   Karakteristik pada tiap kurikulum


1.    Ceramah
2.    Pengamatan.


1.  Ceramah
2.  Diskusi


1.    Diskusi Kelompok
2.    Kerja Kelompok


1.    Diskusi Kelompok
2.    Kerja kelompok


1.   Bahan Bacaan
2.   Bahan tayang,
3.   Lembar Kerja
4.   Alat Tulis
5.   LCD Proyektor.


 45”



45”



45”





45”

1. Modul Pelatihan Guru Pembelajar
2. Permendikbud No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
3. Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
4. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013.



1)     Mengindentifikasi  pengalaman belajar yang sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI




2)     Menentukan pengalaman belajar yang mengacu pada lima mata pelajaran SD/MI

 

2.    PENGALAMAN  BELAJAR  PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

 


1)     Pengalaman belajar yang sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI


2)     Pengalaman belajar yang mengacu pada lima mata pelajaran SD/MI, Tematik Terpadu, Model model pembelajaran



1.   Ceramah
2.   Pengamatan.
3.   Diskusi Kelompok




1.      Diskusi Kelompok
2.      Kerja Kelompok
3.      Praktik


1. Bahan Bacaan
2. Bahan tayang,
3. Lembar Kerja
4. Alat Tulis
5. LCD Proyektor.


90”







135”

1.    Modul Pelatihan Guru Pembelajar
2.    Permendikbud No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
3.    Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
4.    Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013.
5.    Peraturan menteri lain yang terkait.














GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT

Mapel - Kelompok Kompetensi
:
SD Kelas AWAL - Kelompok Kompetensi C
Kompetensi
:
Pedagogik
Judul Modul
:
Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di Sekolah  Dasar
Alokasi Waktu
:
9 JP @ 45 menit = 405 menit


TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
PERSIAPAN
Mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active Speaker, dan Laser Pointer, atau media pembelajaran lainnya.

10”
KEGIATAN PENDAHULUAN
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta diklat.

15”
Fasilitator mengupayakan suasana yang kondusif. Bisa dengan Ice breaking atau apersepsi yang menarik.
Fasilitator menjelaskan kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran.
KEGIATAN INTI

Brainstorming
Membahas permasalahan kurikulum dan menggali pemahaman peserta tentang kurikulum yang pernah berlaku di indonseia.
25”
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
  • Mengkaji secara mendalam rasional pengembangan kurikulum dan mengerjakan lembar kerja yang disediakan secara berkelompok yang didalamnya terdiri dari :
o   Menjelaskan rasional pengembangan Kurikulum
o   Mengindentifikasi prinsip pengembangan kurikulum
o   Menjelaskan fungsi dan peranan kurikulum
o   Mengidentifikasi karakteristik pada tiap kurikulum
  • Mengkaji secara mendalam tentang pengalaman belajar siswa dan mengerjakan Lembar Kerja yang sudah disediakan secara berkelompok yang didalamnya terdiri dari:
o   Mengindentifikasi  pengalaman belajar yang sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI
o   Menentukan pengalaman belajar yang mengacu pada lima mata pelajaran SD/MI
175 “
Diskusi tanya jawab
Mendiskusikan hasil pengalaman belajar yang sudah dilalui bersama dan memberikan kesempatan peserta diklat untuk bertanya dalam rangka memperdalam pemahamannya.
45 “
Presentasi
Mempresentasikan hasil kerja yang sudah dilakukan. Diharapkan setiap kelompok kerja bisa mempresentasikan hasil dan di tanggapi oeh peserta lain untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.
90 “
Latihan soal uji kompetensi
45 “
KEGIATAN PENUTUP

Mereview kegiatan belajar
20 “
Refleksi dan umpan balik
Fasilitator menutup kegiatan
Jumlah alokasi waktu
405”

0 komentar:

Posting Komentar