GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT
Mapel/Kelompok Kompetensi
|
:
|
SD Kelas AWAL - Kelompok Kompetensi C
|
||||||||
Kompetensi
|
:
|
Pedagogik
|
||||||||
Judul Modul
|
:
|
Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di Sekolah Dasar
|
||||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
9 JP @ 45 menit = 405 menit
|
||||||||
Deskripsi Singkat
|
:
|
Desain kurikulum merupakan suatu pengorganisasian tujuan, isi, serta proses belajar yang akan diikuti peserta
didik pada berbagai tahap perkembangan pendidikan. Dalam desain kurikulum,
ada dua dimensi penting, yaitu: (1) substansi, unsur-unsur serta organisasi
dari dokumen tertulis kurikulum, (2) model pengorganisasian dan bagian-bagian
kurikulum terutama organisasi dan proses pengajaran.
|
||||||||
Kompetensi
|
|
|
||||||||
a. Kompetensi Inti
|
:
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata
pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
|
||||||||
b. Kompetensi Guru
|
:
|
1.
Memahami prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum.
2.
Menentukan pengalaman
belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI
|
||||||||
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
METODE
|
ALAT BANTU / MEDIA
|
ESTIMASI WAKTU
|
REFERENSI
|
||||
1)
Menjelaskan rasional
pengembangan Kurikulum
2)
Mengindentifikasi prinsip
pengembangan kurikulum
3)
Menjelaskan fungsi dan
peranan kurikulum
4)
Mengidentifikasi
karakteristik pada tiap kurikulum
|
1. RASIONAL PENGEMBANGAN KURIKULUM |
1) Rasional pengembangan Kurikulum
2) Prinsip pengembangan kurikulum
3) Fungsi dan peranan kurikulum
4) Karakteristik pada tiap kurikulum
|
1. Ceramah
2. Pengamatan.
1.
Ceramah
2.
Diskusi
1.
Diskusi Kelompok
2.
Kerja Kelompok
1.
Diskusi Kelompok
2.
Kerja kelompok
|
1.
Bahan Bacaan
2.
Bahan tayang,
3.
Lembar Kerja
4.
Alat Tulis
5.
LCD Proyektor.
|
45”
45”
45”
45”
|
1. Modul Pelatihan Guru Pembelajar
2. Permendikbud
No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
3. Permendikbud
No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan
Menengah.
4. Permendikbud
No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum
2013.
|
||||
1)
Mengindentifikasi pengalaman belajar yang sesuai dengan
karakteristik lima mata pelajaran SD/MI
2)
Menentukan pengalaman
belajar yang mengacu pada lima mata pelajaran SD/MI
|
2. PENGALAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR |
1) Pengalaman belajar yang sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran
SD/MI
2)
Pengalaman
belajar yang mengacu pada lima mata pelajaran SD/MI, Tematik Terpadu, Model model pembelajaran
|
1.
Ceramah
2.
Pengamatan.
3.
Diskusi Kelompok
1.
Diskusi Kelompok
2.
Kerja Kelompok
3.
Praktik
|
1.
Bahan Bacaan
2.
Bahan tayang,
3.
Lembar Kerja
4.
Alat Tulis
5.
LCD Proyektor.
|
90”
135”
|
1. Modul Pelatihan Guru Pembelajar
2.
Permendikbud No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum
2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
3.
Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang
Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
4.
Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan
Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013.
5.
Peraturan menteri lain yang terkait.
|
||||
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT
Mapel - Kelompok Kompetensi
|
:
|
SD Kelas AWAL - Kelompok Kompetensi C
|
Kompetensi
|
:
|
Pedagogik
|
Judul Modul
|
:
|
Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di Sekolah Dasar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
9 JP @ 45 menit = 405 menit
|
TAHAPAN KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERSIAPAN
|
Mengecek
kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD
Projector, Laptop, File, Active
Speaker, dan Laser Pointer,
atau media pembelajaran lainnya.
|
10”
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta
diklat.
|
15”
|
Fasilitator mengupayakan suasana yang kondusif. Bisa
dengan Ice breaking atau apersepsi yang menarik.
|
||
Fasilitator menjelaskan kompetensi,
tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran.
|
||
KEGIATAN INTI
|
Brainstorming
Membahas permasalahan kurikulum dan menggali pemahaman peserta tentang
kurikulum yang pernah berlaku di indonseia.
|
25”
|
Mengkaji materi dan
melakukan aktivitas yang ada di modul
o Menjelaskan rasional pengembangan Kurikulum
o Mengindentifikasi prinsip pengembangan kurikulum
o Menjelaskan fungsi dan peranan kurikulum
o Mengidentifikasi karakteristik pada tiap kurikulum
o Mengindentifikasi pengalaman
belajar yang sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI
o Menentukan pengalaman belajar yang mengacu pada lima mata pelajaran SD/MI
|
175 “
|
|
Diskusi tanya jawab
Mendiskusikan hasil pengalaman belajar yang sudah dilalui bersama dan
memberikan kesempatan peserta diklat untuk bertanya dalam rangka memperdalam
pemahamannya.
|
45 “
|
|
Presentasi
Mempresentasikan hasil kerja yang sudah dilakukan. Diharapkan setiap
kelompok kerja bisa mempresentasikan hasil dan di tanggapi oeh peserta lain
untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.
|
90 “
|
|
Latihan soal uji
kompetensi
|
45 “
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Mereview kegiatan belajar
|
20 “
|
Refleksi dan umpan balik
|
||
Fasilitator menutup kegiatan
|
||
Jumlah alokasi waktu
|
405”
|
0 komentar:
Posting Komentar