GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT
Mapel/Kelompok Kompetensi
|
:
|
Pedagogik - Kelompok Kompetensi A
|
||||||||
Kompetensi
|
:
|
Pedagogik
|
||||||||
Judul Modul
|
:
|
Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta
Didik
|
||||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
9 JP @ 45 menit = 405 menit
|
||||||||
Deskripsi Singkat
|
:
|
Modul ini
membahas perkembangan peserta didik; implikasi prinsip-prinsip
perkembangannya terhadap pendidikan; karakteristik peserta didik dalam aspek
potensi, fisik dan motorik, kemampuan intelektual, kecerdasan emosi,
perkembangan sosial, perkembangan moral, kecerdasan spiritual dan
pengembangannya melalui pembelajaran; serta identifikasi kemampuan awal dan
kesulitan belajar dan cara menggunakan hasilnya dalam pembelajaran.
|
||||||||
Kompetensi
|
|
|
||||||||
a. Kompetensi Inti
|
:
|
1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek
fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
6.
Memfasilitasi pengembangan
potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang
dimiliki.
|
||||||||
b. Kompetensi Guru
|
:
|
1.1.
Memahami
karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek
fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang
sosial-budaya.
1.2.
Mengidentifikasi
potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
1.3.
Mengidentifikasi
kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran
SD/MI.
1.4.
Mengidentifikasi
kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
6.1
Menyediakan
berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai
prestasi belajar secara optimal.
6.2
Menyediakan
berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta
didik, termasuk krea tivitasnya.
|
||||||||
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
METODE
|
ALAT BANTU / MEDIA
|
ESTIMASI WAKTU
|
REFERENSI
|
||||
1. Menjelaskan
tahapan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik
2. Menjelaskan
implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik
terhadap pendidikan
3. Menjelaskan
berbagai aspek perkembangan peserta
didik
4. Menentukan
kegiatan untuk memfasilitasi variasi perkembangan
peserta didik .
|
Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik
|
Perkembangan Peserta Didik
Pengembangan Potensi Peserta Didik
|
§ Curah pendapat
§ Ceramah
§ Diskusi
§ Latihan/ studi kasus
§
|
§ Laptop
§ Multi media projector/ LCD
§ Modul
§ PPT
§ LK
§ ATK
|
9 jp
|
Jonni, K., (2006). Psikologi
unuk Anak dan Remaja II. Batam: Karisma Publishing Group
LN. Yusuf,S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:
PT Remaja RosdaKarya
LN. Yusuf,S., (2006). Program Bimbingan dan
Konsling di Sekolah (SLTP dan SLTA). Bandung: Pustaka Bani Qraisyi
Santrock, J.,W. (2012). Life-Span Development.
Edisi ke 13, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga
Sukmadinata, N. S., (2007). Bimbingan dan Konseiing dalam Praktek. Mengembangkan Potensi dan
kepribadian Siswa. Bandung: Maestro
|
||||
1. Mendeskripsikan jenis-jenis potensi
2. Mengidentifikasi potensi peserta didik
3. Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan
potensi peserta didik
|
|
Pengembangan Potensi Peserta Didik
|
§ Curah pendapat
§ Ceramah
§ Diskusi
§ Latihan/ studi kasus
§
|
§ Laptop
§ Multi media projector/ LCD
§ Modul
§ PPT
§ LK
§ ATK
|
|
|||||
1. Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak-anak
2. Mendeskripsikan ciri-ciri anak-anak yang sehat secara fisik
3. Mengidentifikasi kondisi kesehatan fisik peserta didik
4. Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik
dengan kesehatan fisik yang khas atau
kurang sesuai.
|
|
Perkembangan Fisik dan Motorik Peserta Didik
|
§ Curah pendapat
§ Ceramah
§ Diskusi
§ Latihan/ studi kasus
§
|
§ Laptop
§ Multi media projector/ LCD
§ Modul
§ PPT
§ LK
§ ATK
|
|
|||||
1. Menjelaskan perkembangan kemampuan intelektual peserta didik.
2. Mengidentifikasi kecerdasan intelektual peserta didik.
3. Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan
kecerdasan intelektual peserta didik
|
|
Perkembangan Kemampuan Intelektual Peserta Didik
|
§ Curah pendapat
§ Ceramah
§ Diskusi
§ Latihan/ studi kasus
§
|
§ Laptop
§ Multi media projector/ LCD
§ Modul
§ PPT
§ LK
§ ATK
|
|
|||||
1. Menjelaskan tahapan perkembangan kecerdasan emosi peserta didik
2. Membedakan ciri-ciri perilaku peserta didik yang memiliki kecerdasan
emosi tinggi dengan rendah
3. Mengidentifikasi kecerdasan emosi peserta didik
4. Mendeskripsikan proses perkembangan aspek sosial peserta didik
5. Membedakan ciri-ciri perilaku sosial peserta didik antara yang
berperilaku sosial baik dan kurang baik
6. Mengidentifikasi keterampilan perilaku sosial peserta didik
7. Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan
kecerdasan emosi dan keterampilan sosial peserta didik
|
|
Perkembangan Kecerdsan Emosi dan Perkembangan Sosial Peserta Didik
|
§ Curah pendapat
§ Ceramah
§ Diskusi
§ Latihan/ studi kasus
§
|
§ Laptop
§ Multi media projector/ LCD
§ Modul
§ PPT
§ LK
§ ATK
|
|
|||||
1. Mendeskripsikan tahapan perkembangan aspek moral peserta didik
2. Membedakan ciri-ciri moral peserta didik yang tinggi dan rendah
3. Mengidentifikasi moral peserta didik
4. Mendeskripsikan tahapan perkembangan kecerdasan spiritual peserta
didik
5. Membedakan ciri-ciri perilaku peserta didik yang memiliki kecerdasan
spiritual tinggi dan rendah
6. Mengidentifikasi kecerdasan spiritual peserta didik
7. Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perkembangan aspek moral dan kecerdasan spiritual peserta didik
|
|
Perkembangan Moral dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik
|
§ Curah pendapat
§ Ceramah
§ Diskusi
§ Latihan/ studi kasus
§
|
§ Laptop
§ Multi media projector/ LCD
§ Modul
§ PPT
§ LK
§ ATK
|
|
|
||||
1. Menjelaskan cara mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
2. Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
3. Mengidentifikasi kesulitan belajar .
4. Menjelaskan faktor-faktor kesulitan belajar.
5. Menentukan kegiatan pembelajaran yang kondusif berdasarkan hasil
identifikasi kemampuan awal dan kesulitan belajar peserta didik
|
|
Kemampuan Awal dan Kesulitan Belajar Peserta Didik
|
§ Curah pendapat
§ Ceramah
§ Diskusi
§ Latihan/ studi kasus
§
|
§ Laptop
§ Multi media projector/ LCD
§ Modul
§ PPT
§ LK
§ ATK
|
|
|
||||
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT
Mapel - Kelompok Kompetensi
|
:
|
Pedagogik - Kelompok Kompetensi A
|
Kompetensi
|
:
|
Pedagogik
|
Judul Modul
|
:
|
Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta
Didik
|
Alokasi Waktu
|
:
|
9 JP @ 45 menit = 405 menit
|
TAHAPAN KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
|
PERSIAPAN
|
Mengecek kelengkapan alat
pembelajaran, seperti LCD Projector,
Laptop, File, Active Speaker, dan Laser Pointer, atau media lainnya.
|
|
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
Pengkondisian
Peserta
|
10 Menit
|
|
Fasilitator menjelaskan
nama, tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan
pembelajaran materi pelatihan Karakteritistik dan Pengembangan Potensi
Peserta Didik (KP3D)
|
|||
Fasilitator memotivasi
peserta, mengajak berdinamika agar saling mengenal, serius, semangat, dan
bekerja sama saat proses pembelajaran berlangsung.
|
|||
KEGIATAN INTI
|
Diskusi tentang Identifikasi Karakteristik Peserta
Didik dan Pengembangannya melalui Pembelajaran.
|
|
|
Penanyangan video/gambar
tentang kasus-kasus karakteristik peserta didik
Curah pendapat pengalaman
peserta diklat dalam pembelajaran terkait isu-isu karakteristik peserta didik
dan pengembangannya melalui pembelajaran
Diskusi dan identifikasi
apakah isu-isu yang terangkat masuk ruang lingkup kajian KP3D atau tidak
|
25 Menit
|
||
Tugas LK 1.1 s.d. 1.7
Kerja kelompok
melaksanakan tugas LK 1.1 s.d. 1.7 yaitu membuat peta pikiran atau bagan
tentang konsep topik 1 s.d. 7 dengan fokus kajian esensi dari masing-masing
topik. Setiap kelompok mengerjakan topik yang berbeda.
|
1 x 45 Menit
|
||
Presentasi hasil diskusi
kelompok, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dilanjutkan tanya
jawab dengan kelompok lain dan penguatan dari fasilitator.
|
1 x 45 Menit
|
||
Tugas LK 2.1 s.d. 2.7
Kerja kelompok
melaksanakan LK 2.1 s.d. 2.7 yaitu mengidentifikasi isu-isu terkait berbagai
aspek karakteristik peserta didik dan pengembangannya, yang dihadapi peserta
diklat di kelas yang mereka ampu. Setiap aspek karakteristik peserta didik
diangkat oleh kelompok yang berbeda.
Memilih satu isu/kelompok
yang akan didiskusikan dan dibuat alternatif solusi melalui pembelajaran.
|
2 x 45 Menit
|
||
|
Presentasi hasil diskusi
kelompok, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dilanjutkan tanya
jawab dengan kelompok lain dan penguatan dari fasilitator.
|
3 x 45 menit
|
|
|
Kuis
|
35 menit
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Mereviu materi pelatihan
Karakteristik Peserta Didik
|
15 menit
|
|
Refleksi dan umpan balik tentang proses
pembelajaran.
|
|||
Fasilitator menutup
pembelajaran
|
|||
Jumlah alokasi
waktu
|
405 menit
|
0 komentar:
Posting Komentar