Media Sosial

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

Harta Yang Paling Berharga adalah Keluarga

Mengenai Saya

Foto saya
Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
IRSAN SIHOMBING

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN
DIRIKU

Selasa, 09 Juni 2020

SILABUS_PEDAGOGIK_A_AWAL


GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT


Mapel/Kelompok Kompetensi
:
Pedagogik - Kelompok Kompetensi A

Kompetensi
:
Pedagogik

Judul Modul
:
Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik

Alokasi Waktu 
:
9 JP @ 45 menit = 405 menit

Deskripsi Singkat
:
Modul ini membahas perkembangan peserta didik; implikasi prinsip-prinsip perkembangannya terhadap pendidikan; karakteristik peserta didik dalam aspek potensi, fisik dan motorik, kemampuan intelektual, kecerdasan emosi, perkembangan sosial, perkembangan moral, kecerdasan spiritual dan pengembangannya melalui pembelajaran; serta identifikasi kemampuan awal dan kesulitan belajar dan cara menggunakan hasilnya dalam pembelajaran.


Kompetensi



a. Kompetensi Inti
:
1.     Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
6.     Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.


b. Kompetensi Guru
:
1.1.     Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
1.2.     Mengidentifikasi potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
1.3.     Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
1.4.     Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.

6.1      Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal.
6.2      Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk krea tivitasnya.




INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
METODE
ALAT BANTU / MEDIA
ESTIMASI WAKTU
REFERENSI

1.    Menjelaskan tahapan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik
2.    Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikan
3.    Menjelaskan berbagai aspek perkembangan  peserta didik
4.    Menentukan kegiatan untuk memfasilitasi variasi perkembangan peserta didik .
Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik
Perkembangan Peserta Didik

Pengembangan Potensi Peserta Didik
§  Curah pendapat
§  Ceramah
§  Diskusi
§  Latihan/ studi kasus
§   
§  Laptop
§  Multi media projector/ LCD
§  Modul
§  PPT
§  LK
§  ATK
9 jp
Jonni, K., (2006).  Psikologi unuk Anak dan Remaja II. Batam: Karisma Publishing Group

LN. Yusuf,S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja RosdaKarya

LN. Yusuf,S., (2006). Program Bimbingan dan Konsling di Sekolah (SLTP dan SLTA). Bandung: Pustaka Bani Qraisyi

Santrock, J.,W. (2012). Life-Span Development. Edisi ke 13, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga

Sukmadinata, N. S., (2007). Bimbingan dan Konseiing  dalam Praktek. Mengembangkan Potensi dan kepribadian Siswa. Bandung: Maestro


1.    Mendeskripsikan jenis-jenis potensi
2.    Mengidentifikasi potensi peserta didik
3.    Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik


Pengembangan Potensi Peserta Didik
§  Curah pendapat
§  Ceramah
§  Diskusi
§  Latihan/ studi kasus
§   
§  Laptop
§  Multi media projector/ LCD
§  Modul
§  PPT
§  LK
§  ATK


1.    Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak-anak
2.    Mendeskripsikan ciri-ciri anak-anak yang sehat secara fisik
3.    Mengidentifikasi kondisi kesehatan fisik peserta didik
4.    Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik dengan kesehatan fisik yang khas atau  kurang sesuai.


Perkembangan Fisik dan Motorik Peserta Didik
§  Curah pendapat
§  Ceramah
§  Diskusi
§  Latihan/ studi kasus
§   
§  Laptop
§  Multi media projector/ LCD
§  Modul
§  PPT
§  LK
§  ATK


1.    Menjelaskan perkembangan kemampuan intelektual peserta didik. 
2.    Mengidentifikasi kecerdasan intelektual peserta didik.
3.    Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kecerdasan intelektual peserta didik


Perkembangan Kemampuan Intelektual Peserta Didik
§  Curah pendapat
§  Ceramah
§  Diskusi
§  Latihan/ studi kasus
§   
§  Laptop
§  Multi media projector/ LCD
§  Modul
§  PPT
§  LK
§  ATK


1.    Menjelaskan tahapan perkembangan kecerdasan emosi peserta didik
2.    Membedakan ciri-ciri perilaku peserta didik yang memiliki kecerdasan emosi tinggi dengan rendah
3.    Mengidentifikasi kecerdasan emosi peserta didik
4.    Mendeskripsikan proses perkembangan aspek sosial peserta didik
5.    Membedakan ciri-ciri perilaku sosial peserta didik antara yang berperilaku sosial baik dan kurang baik
6.    Mengidentifikasi keterampilan perilaku sosial peserta didik
7.    Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kecerdasan emosi dan keterampilan sosial peserta didik


Perkembangan Kecerdsan Emosi dan Perkembangan Sosial Peserta Didik
§  Curah pendapat
§  Ceramah
§  Diskusi
§  Latihan/ studi kasus
§   
§  Laptop
§  Multi media projector/ LCD
§  Modul
§  PPT
§  LK
§  ATK


1.    Mendeskripsikan tahapan perkembangan aspek moral peserta didik
2.    Membedakan ciri-ciri moral peserta didik yang tinggi dan rendah
3.    Mengidentifikasi moral peserta didik
4.    Mendeskripsikan tahapan perkembangan kecerdasan spiritual peserta didik
5.    Membedakan ciri-ciri perilaku peserta didik yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi dan rendah
6.    Mengidentifikasi kecerdasan spiritual peserta didik
7.    Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perkembangan aspek moral dan kecerdasan spiritual peserta didik


Perkembangan Moral dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik
§  Curah pendapat
§  Ceramah
§  Diskusi
§  Latihan/ studi kasus
§   
§  Laptop
§  Multi media projector/ LCD
§  Modul
§  PPT
§  LK
§  ATK



1.    Menjelaskan cara mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
2.    Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
3.    Mengidentifikasi kesulitan belajar .
4.    Menjelaskan faktor-faktor kesulitan belajar. 
5.    Menentukan kegiatan pembelajaran yang kondusif berdasarkan hasil identifikasi kemampuan awal dan kesulitan belajar peserta didik


Kemampuan Awal dan Kesulitan Belajar Peserta Didik
§  Curah pendapat
§  Ceramah
§  Diskusi
§  Latihan/ studi kasus
§   
§  Laptop
§  Multi media projector/ LCD
§  Modul
§  PPT
§  LK
§  ATK















GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT

Mapel - Kelompok Kompetensi
:
Pedagogik - Kelompok Kompetensi A
Kompetensi
:
Pedagogik
Judul Modul
:
Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik
Alokasi Waktu 
:
9 JP @ 45 menit = 405 menit


TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
PERSIAPAN
Mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active Speaker, dan Laser Pointer, atau media lainnya.

KEGIATAN PENDAHULUAN
Pengkondisian Peserta
10 Menit

Fasilitator menjelaskan nama, tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran materi pelatihan Karakteritistik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik (KP3D) 
Fasilitator memotivasi peserta, mengajak berdinamika agar saling mengenal, serius, semangat, dan bekerja sama saat proses pembelajaran berlangsung.
KEGIATAN INTI

Diskusi tentang Identifikasi Karakteristik Peserta Didik dan Pengembangannya melalui Pembelajaran.

Penanyangan video/gambar tentang kasus-kasus karakteristik peserta didik
Curah pendapat pengalaman peserta diklat dalam pembelajaran terkait isu-isu karakteristik peserta didik dan pengembangannya melalui pembelajaran
Diskusi dan identifikasi apakah isu-isu yang terangkat masuk ruang lingkup kajian KP3D atau tidak
25 Menit

Tugas LK 1.1 s.d. 1.7
Kerja kelompok melaksanakan tugas LK 1.1 s.d. 1.7 yaitu membuat peta pikiran atau bagan tentang konsep topik 1 s.d. 7 dengan fokus kajian esensi dari masing-masing topik. Setiap kelompok mengerjakan topik yang berbeda.
1 x 45 Menit
Presentasi hasil diskusi kelompok, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dilanjutkan tanya jawab dengan kelompok lain dan penguatan dari fasilitator.
1 x 45 Menit

Tugas LK 2.1 s.d. 2.7
Kerja kelompok melaksanakan LK 2.1 s.d. 2.7 yaitu mengidentifikasi isu-isu terkait berbagai aspek karakteristik peserta didik dan pengembangannya, yang dihadapi peserta diklat di kelas yang mereka ampu. Setiap aspek karakteristik peserta didik diangkat oleh kelompok yang berbeda.
Memilih satu isu/kelompok yang akan didiskusikan dan dibuat alternatif solusi melalui pembelajaran.
2 x 45 Menit

Presentasi hasil diskusi kelompok, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dilanjutkan tanya jawab dengan kelompok lain dan penguatan dari fasilitator.
3 x 45 menit


Kuis
35 menit
KEGIATAN PENUTUP

Mereviu materi pelatihan Karakteristik Peserta Didik
15 menit
Refleksi dan umpan balik tentang proses pembelajaran.
Fasilitator menutup pembelajaran
Jumlah alokasi waktu
405 menit


















0 komentar:

Posting Komentar