GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT
Mapel/Kelompok Kompetensi
|
:
|
Kelompok Kompetensi D
|
||||||||
Kompetensi
|
:
|
Pedagogik
|
||||||||
Judul Modul
|
:
|
Metodologi Pembelajaran
|
||||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
9 JP @ 45 menit = 405 menit
|
||||||||
Deskripsi Singkat
|
:
|
Modul metodologi pembelajaran ini membahas tentang bagaimanamenerapkan berbagai pendekatan,
strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam
mata pelajaran yang diampu, menerapkan pendekatan
pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD/MI, dan bagaimana melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas,
di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang
dipersyaratkan.
|
||||||||
Kompetensi
|
|
|
||||||||
a. Kompetensi Inti
|
:
|
2. Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
||||||||
b. Kompetensi Guru
|
:
|
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik
pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
2.3 Menerapkan
pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD/MI
4.4 Melaksanakan pembelajaran yang
mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan
standar keamanan yang dipersyaratkan.
|
||||||||
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
METODE
|
ALAT BANTU / MEDIA
|
ESTIMASI WAKTU
|
REFERENSI
|
||||
1.
Membedakan pengertian strategi, pendekatan, metode,
teknik, dan model pembelajaran.
|
Strategi, Pendekatan, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran
|
Pengertian strategi, pendekatan, metode, teknik, dan model
pembelajaran
|
- Ceramah
- Diskusi
- Penugasan
- Simulasi
- Praktek
|
- Vidio pembelajaran
- Kertas Plano
- LCD
- Spidol
|
... menit
|
Modul Metodologi
Pembelajaran
|
||||
2.
Mendeskripsikan pendekatan dan strategi pembelajaran
dalam lima mata pelajaran.
|
||||||||||
3.
Menjelaskan karakteristik pembelajaran tematik
terpadu dan pendekatan saintefik.
|
Pembelajaran
Tematik Terpadu dan Pendekatan
Saintefik.
|
-
Pembelajaran Tematik Terpadu
-
Pendekatan Saintefik.
-
Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu dengan
Pendekatan Saintifik
|
- Ceramah
- Diskusi
- Penugasan
- Simulasi
- Praktek
|
- Vidio pembelajaran
- Kertas Plano
- LCD
- Spidol
|
... menit
|
Modul Metodologi
Pembelajaran
|
||||
4.
Mendeskripsikan tahapan pembelajaran tematik terpadu
dan pendekatan saintefik.
|
Tahapan Pembelajaran Tematik Terpadu dan Pendekatan Saintefik
|
-
Tahapan Pembelajaran
Tematik Terpadu
-
TahapanPembelajaran dengan Pendekatan saintefik
|
- Ceramah
- Diskusi
- Penugasan
- Simulasi
- Praktek
|
- Vidio pembelajaran
- Kertas Plano
- LCD
- Spidol
|
... menit
|
Modul Metodologi
Pembelajaran
|
||||
5.
Mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi, pendekatan,dan metode pembelajaran yang sesuai
dengan karakteristik peserta didik.
|
Identifikasi Pelaksanaan
Pembelajaran Menggunakan
|
-
Amanat Standar Proses
-
Identifikasi Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan
Pendekatan Saintifik
-
|
- Ceramah
- Diskusi
- Penugasan
- Simulasi
- Praktek
|
- Vidio pembelajaran
- Kertas Plano
- LCD
- Spidol
|
90 menit
|
Modul Metodologi Pembelajaran
|
||||
6.
Praktek melaksanakan
pembelajaran mata pelajaran dan/atau tematik terpadu dengan pendekatan
saintifik
|
Praktek Melaksanakan
Pembelajaran
|
Praktek Melaksanakan
Pembelajaran
|
- Diskusi
- Penugasan
- Simulasi
- Praktek
|
- Kertas Plano
- LCD
- Spidol
|
90 menit
|
Modul Metodologi Pembelajaran
|
||||
.
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT
Mapel - Kelompok Kompetensi
|
:
|
Kelompok Kompetensi D
|
Kompetensi
|
:
|
Pedagogik
|
Judul Modul
|
:
|
Metodologi Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
:
|
9 JP @ 45 menit = 405 menit
|
TAHAPAN KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERSIAPAN
|
Mengecek
kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD
Projector, Laptop, File, Active
Speaker, dan Laser Pointer, atau
media pembelajaran lainnya.
|
10 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta
diklat.
|
15 menit
|
Fasilitator mengupayakan suasana yang kondusif.
|
||
Fasilitator menjelaskan
kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan
pembelajaran.
|
||
KEGIATAN INTI
|
Kegiatan Pembelajaran 1 sesi 1
-
Sajian materi pembuka tentang strategi,
pendekatan, metode, teknik, dan model
pembelajaran.
-
Menyaksikan vidio pembelajaran kelas awal dan brainstorming tentang strategi, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran sesuai pengalaman peserta Diklat
sebagai guru
-
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul terkait strategi, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran
-
Aktifitas aktifitas pembelajaran yang ada dalam contoh RPP
-
Diskusi dan tanya jawab
|
90 menit
|
Kegiatan Pembelajaran 2sesi 1
-
Sajian materi pembuka tentang pelaksanaan pembelajaran.
-
Mencermati vidio atau salah satu guru untuk mendemontrasikan pembelajaran
di kelas dan brainstorming tentang strategi,
pendekatan, metode, teknik, dan model
pembelajaran yang digunakan dalam contoh pembelajaran.
-
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul terkait pelaksanaan
pembelajaran.
-
Diskusi dan tanya jawab
|
90 menit
|
|
Kegiatan Pembelajaran 2 sesi 2
-
Sajian materi pembuka tentang pelaksanaan praktek Pembelajaran
-
Praktek pelaksanaan pebelajaran/
-
Aktifitas menganalisis praktek pembelajaran yang dilakukan kelompok
sesuai Kompetensi Dasar (KD) yang dipilih.
-
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul terkait perancangan
pembelajaran.
-
Aktifitas praktek pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan RPP yangn
telah disiapkan.
-
Penilaian RPP antar kelompok dengan menggunakan format penilaian RPP
-
Simulasi, diskusi dan tanya jawab tentang RPP yang disusun
|
135 menit
|
|
-
Diskusi tentang latihan yang ada dalam modul
|
25 menit
|
|
Latihan soal uji kompetensi.
|
25 menit
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Mereview kegiatan metodologi pembelajaran.
|
20 menit menit
|
Refleksi dan umpan balik.
|
||
Fasilitator menutup kegiatan.
|
||
Jumlah alokasi waktu
|
405 menit
|
0 komentar:
Posting Komentar