Media Sosial

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

Harta Yang Paling Berharga adalah Keluarga

Mengenai Saya

Foto saya
Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
IRSAN SIHOMBING

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN
DIRIKU

Selasa, 09 Juni 2020

SILABUS_PEDAGOGIK_D_AWAL


GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT


Mapel/Kelompok Kompetensi
:
Kelompok Kompetensi D

Kompetensi
:
Pedagogik

Judul Modul
:
Metodologi Pembelajaran

Alokasi Waktu
:
9 JP @ 45 menit = 405 menit

Deskripsi Singkat
:
Modul metodologi pembelajaran ini membahas tentang bagaimanamenerapkan  berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu, menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD/MI, dan bagaimana melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.


Kompetensi



a. Kompetensi Inti
:
2.  Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
4.  Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik

b. Kompetensi Guru
:
2.2    Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
2.3    Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD/MI
4.4  Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.


INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
METODE
ALAT BANTU / MEDIA
ESTIMASI WAKTU
REFERENSI

1.        Membedakan pengertian strategi, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran.
Strategi, Pendekatan, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran
Pengertian strategi, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran
-       Ceramah
-       Diskusi
-       Penugasan
-       Simulasi
-       Praktek
-       Vidio pembelajaran
-       Kertas Plano
-       LCD
-       Spidol
... menit
Modul Metodologi Pembelajaran


2.        Mendeskripsikan pendekatan dan strategi pembelajaran dalam lima mata pelajaran.

3.        Menjelaskan karakteristik pembelajaran tematik terpadu dan pendekatan saintefik.
Pembelajaran Tematik Terpadu dan Pendekatan Saintefik.
-      Pembelajaran Tematik Terpadu
-      Pendekatan Saintefik.
-      Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik
-       Ceramah
-       Diskusi
-       Penugasan
-       Simulasi
-       Praktek
-       Vidio pembelajaran
-       Kertas Plano
-       LCD
-       Spidol
... menit
Modul Metodologi Pembelajaran


4.        Mendeskripsikan tahapan pembelajaran tematik terpadu dan pendekatan saintefik.
Tahapan Pembelajaran Tematik Terpadu dan Pendekatan Saintefik
-      Tahapan Pembelajaran Tematik Terpadu
-      TahapanPembelajaran dengan Pendekatan saintefik
-       Ceramah
-       Diskusi
-       Penugasan
-       Simulasi
-       Praktek
-       Vidio pembelajaran
-       Kertas Plano
-       LCD
-       Spidol
... menit
Modul Metodologi Pembelajaran


5.        Mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi, pendekatan,dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Identifikasi Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan
-      Amanat Standar Proses
-      Identifikasi Pelaksanaan   Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik
-       

-       Ceramah
-       Diskusi
-       Penugasan
-       Simulasi
-       Praktek
-       Vidio pembelajaran
-       Kertas Plano
-       LCD
-       Spidol

90 menit
Modul Metodologi Pembelajaran

6.        Praktek melaksanakan  pembelajaran mata pelajaran dan/atau tematik terpadu dengan pendekatan saintifik
Praktek Melaksanakan  Pembelajaran
Praktek Melaksanakan  Pembelajaran
-       Diskusi
-       Penugasan
-       Simulasi
-       Praktek
-       Kertas Plano
-       LCD
-       Spidol

90 menit
Modul Metodologi Pembelajaran













.



GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT

Mapel - Kelompok Kompetensi
:
Kelompok Kompetensi D
Kompetensi
:
Pedagogik
Judul Modul
:
Metodologi Pembelajaran
Alokasi Waktu
:
9 JP @ 45 menit = 405 menit


TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
PERSIAPAN
Mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active Speaker, dan Laser Pointer, atau media pembelajaran lainnya.
10 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta diklat.
15 menit
Fasilitator mengupayakan suasana yang kondusif.
Fasilitator menjelaskan kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran.
KEGIATAN INTI

Kegiatan Pembelajaran 1 sesi 1
-       Sajian materi pembuka tentang strategi, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran.
-       Menyaksikan vidio pembelajaran kelas awal dan brainstorming tentang strategi, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran sesuai pengalaman peserta Diklat sebagai guru
-       Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul terkait strategi, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran
-       Aktifitas aktifitas pembelajaran  yang ada dalam contoh RPP
-       Diskusi dan tanya jawab
90 menit
Kegiatan Pembelajaran 2sesi 1
-       Sajian materi pembuka tentang pelaksanaan pembelajaran.
-       Mencermati vidio atau salah satu guru untuk mendemontrasikan pembelajaran di kelas dan brainstorming tentang strategi, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran yang digunakan dalam contoh pembelajaran.
-       Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul terkait pelaksanaan pembelajaran.
-       Diskusi dan tanya jawab
90 menit
Kegiatan Pembelajaran 2 sesi 2
-       Sajian materi pembuka tentang pelaksanaan praktek  Pembelajaran
-       Praktek pelaksanaan pebelajaran/
-       Aktifitas menganalisis praktek pembelajaran yang dilakukan kelompok sesuai Kompetensi Dasar (KD) yang dipilih.
-       Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul terkait perancangan pembelajaran.
-       Aktifitas praktek pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan RPP yangn telah disiapkan.
-       Penilaian RPP antar kelompok dengan menggunakan format  penilaian RPP
-       Simulasi, diskusi dan tanya jawab tentang RPP yang disusun
135 menit
-       Diskusi tentang latihan yang ada dalam modul
25 menit
Latihan soal uji kompetensi.
25 menit
KEGIATAN PENUTUP

Mereview kegiatan metodologi pembelajaran.
20 menit menit
Refleksi dan umpan balik.
Fasilitator menutup kegiatan.
Jumlah alokasi waktu
405 menit

0 komentar:

Posting Komentar