Media Sosial

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

FOTO TERBARU

FOTO TERBARU
PASPOTO

Harta Yang Paling Berharga adalah Keluarga

Mengenai Saya

Foto saya
Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
IRSAN SIHOMBING

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

REKAP PEMILU 2019 TK. KECAMATAN ANGKOLA SELATAN
DIRIKU

Selasa, 09 Juni 2020

SILABUS_PROFESIONAL_C_AWAL


GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT

Mapel/Kelompok Kompetensi
:
Matematika - Kelompok Kompetensi C
Kompetensi
:
Profesional
Judul Modul
:
Kajian Geometri dan Pengukuran Sekolah Dasar
Alokasi Waktu
:
18 JP @ 45 menit = 810 menit
Deskripsi Singkat
:
Mata diklat ini membahas materi profesional untuk meningkatkan kompetensi peserta diklat dalam memahami:
1.      Pencerminan dan simetri putar (rotasi)
2.      Luas bangun datar
3.      Volume bangun ruang
4.      Jarak, waktu, dan kecepatan.

Kompetensi


a. Kompetensi Inti
:
Profesional
b. Kompetensi Guru
:
1.       Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.
2.      Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata.
3.      Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
METODE
ALAT BANTU / MEDIA
ESTIMASI WAKTU
REFERENSI
1.         menentukan hasil pencerminan bangun datar
2.         menentukan hasil simetri
3.         mengidentifikasi simetri putar bangun datar
4.         mengidentifikasi bangun datar yang simetris dan tidak simetris

Pencerminan dan Simetri Putar (Rotasi)
1.      Pencerminan
2.      Simetri
3.      Simetri Lipat
4.      Simetri Putar
1.        
1.       Ceramah
2.       Tanya-Jawab
3.       Pengamatan
4.       Eksplorasi
5.       Diskusi
6.       Aktivitas
7.       Presentasi
8.       Penugasan

1.         LCD Projector
2.         Laptop
3.         File
4.          Active Speaker
5.          Laser Pointer
6.         Kertas plano
7.         Marker
8.         Kertas berpetak
9.         Kertas lipat
10.     Alat peraga bangun datar
11.     Cermin

4 × 45 menit atau 180 menit
1.       Gatot Muhsetyo, Djamus Widagdo dan Yumiati. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Pusat Penerbit UT .
2.        Herman Hudoyo dan Akbar Sutawidjaja. (1997). Matematika. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan guru SD. Dirjen Dikti. Depdikbud.
3.       Muchtar A. Karim, Edy Bambang Irawan dan Erry Hidayanto (2005). Pendidikan Matematika II. Jakarta: Pusat Penerbit  UT.
4.       Serra, Michael. 1997. Discovering Geometry: An Inductive Approach. 2nd edition. The United States of America: Key Curriculum Press.
5.       Siti M. Amin; Zaini M. Sani. 2005. Matematika SD. 4A, 4B, 5A, 5B. Jakarta: Erlangga.
6.       Soewito, Mimiep S.Madja, Rini Nurhakiki dan Cholis Sa,dijah (2003). Pendidikan Matematika I.  Jakarta: Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Depdiknas.
1.         menentukan luas daerah bangun datar (persegi, persegipanjang, belah ketupat, jajargenjang, layang-layang, trapesium, segitiga, lingkaran, gabungan bangun datar).
2.         menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan  dengan luas bangun datar dan volume bangun ruang.

Luas Daerah Bangun Datar
1.       Satuan Ukuran Baku Untuk Luas
2.       Luas Bangun Datar
3.       Luas Gabungan Bangun Datar


1.       Ceramah
2.       Tanya-Jawab
3.       Pengamatan
4.       Eksplorasi
5.       Diskusi
6.       Aktivitas
7.       Presentasi
8.       Penugasan
1.         LCD Projector
2.         Laptop
3.         File
4.          Active Speaker
5.          Laser Pointer
6.         Kertas plano
7.         Marker
8.         Kertas lipat
9.         Alat peraga luas bangun datar

5 × 45 menit atau 225 menit
1.      Bailey, Rhonda, dkk. 2006. Mathematics: Applications and Concept. The United States of America: The McGraw-Hill Companies, Inc. 
2.      Bailey, Rhonda J. Molix, dkk. 2008. California Mathematics: Concepts, Skill, and Problem Solving. The United States of America: The McGraw-Hill Companies. Inc.
3.       Devine, F. Donald dan Kaufmann, E. Jerome. 1983. Elementary Mathematics For Teachers.  USA: John Wiley & Sons, Inc.
4.      Emile van der Eijk, dkk.  2003. Moderne Wiskunde-English Edition. The Netherlands: Wolters-Noordhoff Groningen.
5.      Fajar Shadiq. 2000. Paket Pembinaan Penataran: Aritmetika (Perbandingan, Waktu dan Kecepatan). Yogyakarta: PPPG Matematika.
6.      McKay,Lucia dan Guscott, Maggie. 2005. Practical Math in Context: Everyday Life Math. Book 1. The United States of America: Saddleback Educational Publishing.
7.      McKeague, Charles P. 1994. Beginning Algebra. 4th Edition. Orlando: Harcourt Brace College Publisher.
8.      -----. Modelling a Journey. http://openlearn.open.ac.uk/mod/resource/ view.php?id=193560. Diakses tanggal 18 November 2015
9.      Pujiati. 2001. Pembelajaran Geometri Ruang di SLTP tentang Luas Sisi dan Volume. Yogyakarta: PPPG Matematika
10.  Reys, E. Robert; Suydam, N. Marilyn; dan Lindquist, M. Mary. 1984. Helping Children Learn Mathematics. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
11.  Serra, Michael. 1997. Discovering Geometry: An Inductive Approach. Second edition. The United States of America: Key Curriculum Press.
12.  Speed, Distance and Time, www.cimt.plymouth.ac.uk/projects/mepres/ book8/bk8_18.pdf. Diakses tanggal 18 November 2015
13.  Speed, Distance and Time, http://82.198.224.58/maths/Resources/ CIMT%20Key%20stage%203/Year%208/ Year%208%20book%20B/Speed%20distance%20and%20time.pdf. Diakses tanggal 18 November 2015
14.  Sukardjono. 1998. Paket Pembinaan Penataran: Matematika SD dalam Kehidupan Sehari-hari Permasalahan dan Pembelajaran.  Yogyakarta: PPPG Matematika.
15.  Sukirman dan Rachmadi. 2000. Bahan Penataran Guru SLTP: Aritmetika.  Yogyakarta: PPPG Matematika.


1.       Menentukan volume bangun ruang (kubus, balok, limas, prisma, silinder dan gabungan bangun ruang).
2.       Menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan  dengan luas bangun datar dan volume bangun ruang.

Volume Bangun Ruang

1.     Volume Balok dan Kubus
2.     Volume Prisma 
3.     Volume Tabung
1.       Ceramah
2.       Tanya-Jawab
3.       Pengamatan
4.       Eksplorasi
5.       Diskusi
6.       Aktivitas
7.       Presentasi
8.       Penugasan
1.         LCD Projector
2.         Laptop
3.         File
4.          Active Speaker
5.          Laser Pointer
6.         Kertas plano
7.         Marker
8.         Alat Peraga Volume Bangun Ruang
4 × 45 menit atau 180 menit
1.         Menerapkan hubungan antara waktu, jarak, dan kecepatan
2.         Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.

Jarak, Waktu, dan Kecepatan

1.       Satuan Waktu

2.         Hubungan Antara Jarak, Waktu, dan Kecepatan

3.         Cara Mudah untuk Mengingat Rumus Jarak, Waktu, dan Kecepatan

4.         Penyelesaian Masalah Sehari-hari yang Berkaitan dengan Jarak, Waktu, dan Kecepatan

1.       Ceramah
2.       Tanya-Jawab
3.       Pengamatan
4.       Eksplorasi
5.       Diskusi
6.       Aktivitas
7.       Presentasi
8.       Penugasan
1.         LCD Projector
2.         Laptop
3.         File
4.          Active Speaker
5.          Laser Pointer
6.         Kertas plano
7.         Marker
8.         Kertas Berpetak
5 × 45 menit atau 225 menit

GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT

Mapel - Kelompok Kompetensi
:
Matematika - Kelompok Kompetensi C
Kompetensi
:
Profesional
Judul Modul
:
Kajian Geometri dan Pengukuran Sekolah Dasar
Alokasi Waktu
:
18 JP @ 45 menit = 810 menit


TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
PERSIAPAN
Mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active Speaker, dan Laser Pointer, atau media pembelajaran lainnya.
10 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta diklat.
15 menit
Fasilitator mengupayakan suasana yang kondusif.
Fasilitator menjelaskan kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran.
KEGIATAN INTI

Kegiatan Pembelajaran 1:  Pencerminan dan Simetri
180 menit
Brainstorming atau memberikan pertanyaan yang bersifat reflektif
15 menit
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
45  menit
Diskusi dan tanya jawab
45 menit
Presentasi
40 menit
Latihan soal uji kompetensi

30 menit
Kegiatan Pembelajaran 2: Luas Daerah bangun Datar
225 menit
Brainstorming atau memberikan pertanyaan yang bersifat reflektif
15 menit
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
80 menit
Diskusi dan tanya jawab
60 menit
Galeri Presentasi
40 menit
Latihan soal uji kompetensi

30 menit
Kegiatan Pembelajaran 3: Volume Bangun Ruang
180 menit
Brainstorming atau memberikan pertanyaan yang bersifat reflektif
15 menit
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
45  menit
Diskusi dan tanya jawab
45 menit
Presentasi
40 menit
Latihan soal uji kompetensi

30 menit
Kegiatan Pembelajaran 4: Jarak Waktu dan Kecepatan
180 menit
Brainstorming atau memberikan pertanyaan yang bersifat reflektif
15 menit
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
45  menit
Diskusi dan tanya jawab
45 menit
Presentasi
40 menit
Latihan soal uji kompetensi
30 menit
KEGIATAN PENUTUP

Mereview kegiatan belajar Kajian Geometri dan Pengukuran Sekolah Dasar.
20 menit
Refleksi dan umpan balik
Fasilitator menutup kegiatan
Jumlah alokasi waktu
810 menit

0 komentar:

Posting Komentar