GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT
Mapel/Kelompok Kompetensi
|
:
|
Matematika - Kelompok Kompetensi C
|
|||||
Kompetensi
|
:
|
Profesional
|
|||||
Judul Modul
|
:
|
Kajian Geometri dan Pengukuran Sekolah Dasar
|
|||||
Alokasi Waktu
|
:
|
18 JP @ 45 menit = 810 menit
|
|||||
Deskripsi Singkat
|
:
|
Mata
diklat ini membahas materi profesional untuk meningkatkan kompetensi peserta
diklat dalam memahami:
1.
Pencerminan dan simetri
putar (rotasi)
2.
Luas bangun datar
3.
Volume bangun ruang
4.
Jarak, waktu, dan
kecepatan.
|
|||||
Kompetensi
|
|
|
|||||
a. Kompetensi Inti
|
:
|
Profesional
|
|||||
b. Kompetensi Guru
|
:
|
1.
Menguasai pengetahuan
konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi
aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan
logika matematika.
2.
Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan
vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia
nyata.
3.
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual,
prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika,
serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||||
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
METODE
|
ALAT BANTU / MEDIA
|
ESTIMASI WAKTU
|
REFERENSI
|
|
1.
menentukan hasil pencerminan bangun datar
2.
menentukan hasil simetri
3.
mengidentifikasi simetri
putar bangun datar
4.
mengidentifikasi bangun datar
yang simetris dan tidak simetris
|
Pencerminan dan
Simetri Putar (Rotasi)
|
1.
Pencerminan
2.
Simetri
3.
Simetri Lipat
4.
Simetri Putar
1.
|
1.
Ceramah
2.
Tanya-Jawab
3.
Pengamatan
4.
Eksplorasi
5.
Diskusi
6.
Aktivitas
7.
Presentasi
8.
Penugasan
|
1.
LCD Projector
2.
Laptop
3.
File
4.
Active Speaker
5.
Laser Pointer
6.
Kertas plano
7.
Marker
8.
Kertas berpetak
9.
Kertas lipat
10.
Alat peraga bangun datar
11.
Cermin
|
4 × 45 menit atau
180 menit
|
1. Gatot Muhsetyo, Djamus Widagdo dan Yumiati.
(2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Pusat Penerbit UT .
2. Herman
Hudoyo dan Akbar Sutawidjaja. (1997). Matematika. Jakarta: Proyek
Pengembangan Pendidikan guru SD. Dirjen Dikti. Depdikbud.
3. Muchtar A. Karim, Edy Bambang Irawan dan Erry
Hidayanto (2005). Pendidikan Matematika II. Jakarta: Pusat Penerbit UT.
4. Serra, Michael. 1997. Discovering Geometry: An
Inductive Approach. 2nd edition. The United States of America: Key Curriculum
Press.
5. Siti M. Amin; Zaini M. Sani. 2005. Matematika
SD. 4A, 4B, 5A, 5B. Jakarta: Erlangga.
6. Soewito, Mimiep S.Madja, Rini Nurhakiki dan
Cholis Sa,dijah (2003). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Proyek Pembinaan Tenaga
Kependidikan Depdiknas.
|
|
1.
menentukan
luas daerah bangun datar (persegi, persegipanjang, belah ketupat,
jajargenjang, layang-layang, trapesium, segitiga, lingkaran, gabungan bangun
datar).
2.
menyelesaikan
masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan luas bangun datar dan
volume bangun ruang.
|
Luas Daerah Bangun
Datar
|
1.
Satuan Ukuran Baku
Untuk Luas
2.
Luas Bangun Datar
3.
Luas Gabungan Bangun
Datar
|
1.
Ceramah
2.
Tanya-Jawab
3.
Pengamatan
4.
Eksplorasi
5.
Diskusi
6.
Aktivitas
7.
Presentasi
8.
Penugasan
|
1.
LCD Projector
2.
Laptop
3.
File
4.
Active Speaker
5.
Laser Pointer
6.
Kertas plano
7.
Marker
8.
Kertas lipat
9.
Alat peraga luas bangun datar
|
5 × 45 menit atau
225 menit
|
1. Bailey, Rhonda, dkk. 2006. Mathematics: Applications and Concept. The United States of
America: The McGraw-Hill Companies, Inc.
2. Bailey, Rhonda J. Molix, dkk. 2008. California Mathematics: Concepts, Skill,
and Problem Solving. The United States of America: The McGraw-Hill
Companies. Inc.
3. Devine,
F. Donald dan Kaufmann, E. Jerome. 1983. Elementary
Mathematics For Teachers. USA:
John Wiley & Sons, Inc.
4. Emile van der Eijk, dkk. 2003. Moderne
Wiskunde-English Edition. The
Netherlands: Wolters-Noordhoff Groningen.
5. Fajar Shadiq. 2000. Paket Pembinaan Penataran: Aritmetika (Perbandingan, Waktu dan
Kecepatan). Yogyakarta: PPPG Matematika.
6. McKay,Lucia dan Guscott, Maggie. 2005.
Practical Math in Context: Everyday Life Math. Book 1. The United States of
America: Saddleback Educational Publishing.
7. McKeague, Charles P. 1994. Beginning Algebra.
4th Edition. Orlando: Harcourt Brace College Publisher.
8. -----. Modelling a Journey. http://openlearn.open.ac.uk/mod/resource/
view.php?id=193560. Diakses tanggal 18 November 2015
9. Pujiati. 2001. Pembelajaran Geometri Ruang di SLTP tentang Luas Sisi dan Volume.
Yogyakarta: PPPG Matematika
10. Reys, E. Robert; Suydam, N. Marilyn; dan
Lindquist, M. Mary. 1984. Helping Children Learn Mathematics. New Jersey:
Prentice-Hall, Inc.
11. Serra, Michael. 1997. Discovering Geometry: An
Inductive Approach. Second edition. The United States of America: Key
Curriculum Press.
12. Speed, Distance and Time,
www.cimt.plymouth.ac.uk/projects/mepres/ book8/bk8_18.pdf. Diakses tanggal 18
November 2015
13. Speed, Distance and Time,
http://82.198.224.58/maths/Resources/ CIMT%20Key%20stage%203/Year%208/
Year%208%20book%20B/Speed%20distance%20and%20time.pdf. Diakses tanggal 18
November 2015
14. Sukardjono. 1998. Paket Pembinaan Penataran: Matematika SD dalam Kehidupan Sehari-hari
Permasalahan dan Pembelajaran.
Yogyakarta: PPPG Matematika.
15. Sukirman dan Rachmadi. 2000. Bahan Penataran
Guru SLTP: Aritmetika. Yogyakarta: PPPG Matematika.
|
|
1.
Menentukan
volume bangun ruang (kubus, balok, limas, prisma, silinder dan gabungan
bangun ruang).
2. Menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan luas bangun datar dan volume bangun ruang.
|
Volume Bangun Ruang
|
1.
Volume Balok
dan Kubus
2.
Volume
Prisma
3.
Volume
Tabung
|
1.
Ceramah
2.
Tanya-Jawab
3.
Pengamatan
4.
Eksplorasi
5.
Diskusi
6.
Aktivitas
7.
Presentasi
8.
Penugasan
|
1.
LCD Projector
2.
Laptop
3.
File
4.
Active Speaker
5.
Laser Pointer
6.
Kertas plano
7.
Marker
8.
Alat Peraga Volume Bangun Ruang
|
4 × 45 menit atau
180 menit
|
||
1.
Menerapkan
hubungan antara waktu, jarak, dan kecepatan
2.
Menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan
kecepatan.
|
Jarak, Waktu, dan
Kecepatan
|
1. Satuan Waktu2. Hubungan Antara Jarak, Waktu, dan Kecepatan3. Cara Mudah untuk Mengingat Rumus Jarak, Waktu, dan Kecepatan4. Penyelesaian Masalah Sehari-hari yang Berkaitan dengan Jarak, Waktu, dan Kecepatan |
1.
Ceramah
2.
Tanya-Jawab
3.
Pengamatan
4.
Eksplorasi
5.
Diskusi
6.
Aktivitas
7.
Presentasi
8.
Penugasan
|
1.
LCD Projector
2.
Laptop
3.
File
4.
Active Speaker
5.
Laser Pointer
6.
Kertas plano
7.
Marker
8.
Kertas Berpetak
|
5 × 45 menit atau
225 menit
|
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT
Mapel - Kelompok Kompetensi
|
:
|
Matematika - Kelompok Kompetensi C
|
Kompetensi
|
:
|
Profesional
|
Judul Modul
|
:
|
Kajian Geometri dan Pengukuran Sekolah Dasar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
18 JP @ 45 menit = 810 menit
|
TAHAPAN KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERSIAPAN
|
Mengecek
kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD
Projector, Laptop, File, Active
Speaker, dan Laser Pointer,
atau media pembelajaran lainnya.
|
10 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta
diklat.
|
15 menit
|
Fasilitator mengupayakan suasana yang kondusif.
|
||
Fasilitator menjelaskan kompetensi,
tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran.
|
||
KEGIATAN INTI
|
Kegiatan Pembelajaran
1: Pencerminan dan Simetri
|
180 menit
|
Brainstorming atau memberikan pertanyaan yang bersifat reflektif
|
15 menit
|
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
|
45 menit
|
|
Diskusi dan tanya jawab
|
45 menit
|
|
Presentasi
|
40 menit
|
|
Latihan soal uji kompetensi
|
30 menit
|
|
Kegiatan Pembelajaran 2:
Luas Daerah bangun Datar
|
225 menit
|
|
Brainstorming atau memberikan pertanyaan yang bersifat reflektif
|
15 menit
|
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
|
80 menit
|
|
Diskusi dan tanya jawab
|
60 menit
|
|
Galeri Presentasi
|
40 menit
|
|
Latihan soal uji kompetensi
|
30 menit
|
|
Kegiatan Pembelajaran 3:
Volume Bangun Ruang
|
180 menit
|
|
Brainstorming atau memberikan pertanyaan yang bersifat reflektif
|
15 menit
|
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
|
45 menit
|
|
Diskusi dan tanya jawab
|
45 menit
|
|
Presentasi
|
40 menit
|
|
Latihan soal uji kompetensi
|
30 menit
|
|
Kegiatan Pembelajaran 4:
Jarak Waktu dan Kecepatan
|
180 menit
|
|
Brainstorming atau memberikan pertanyaan yang bersifat reflektif
|
15 menit
|
|
Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang ada di modul
|
45 menit
|
|
Diskusi dan tanya jawab
|
45 menit
|
|
Presentasi
|
40 menit
|
|
Latihan soal uji kompetensi
|
30 menit
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Mereview kegiatan belajar Kajian Geometri dan Pengukuran Sekolah Dasar.
|
20 menit
|
Refleksi dan umpan balik
|
||
Fasilitator menutup kegiatan
|
||
Jumlah alokasi
waktu
|
810 menit
|
0 komentar:
Posting Komentar