SOAL SIMULASI PENILAIAN SASARAN KERJA PENGAWAS SEKOLAH
Soal No. 1.
Drs. Faisal
Widi adalah
guru
Matematika pada
SMP
Negeri
13. Yang bersangkutan mengajar sejak tahun 1991 dan saat ini pangkat yang
bersangkutan adalah IV a dengan jabatan guru Madya.
Pada tahun 2014 Bapak Faisal akan melaksanakan hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan tugas
guru sebagai berikut.
1. Melaksanakan tugas mengajar, menilai, mengevaluasi pelaksanaan
pembelajaran dalam 12 bulan
2. Membuat Publikasi Ilmiahnya dengan judul “Penerapan
Model
Pembelajaran Kooperatif tentang Pemahanan Benda Dimensi Tiga di
SMP
Negeri
13 Karang Putih” yang akan
dilaksanakan dengan target waktu 8 bulan.
3. Ikut kegiatan
MGMP dengan membahas 3 topik bahasan dalam 12 bulan
4. Menjadi
anggota tim Penilai AK dalam 12 bulan
5. Menjadi
anggota organisasi profesi dalam 12 bulan
TUGAS yang
harus dilaksanakan:
Berapa target AK yang akan dicapai pada tahun yang
berjalan?
Bagaimana penuangan dalam SKP nya?
Bagaimana capaian dalam SKP nya apabila kegiatan 1, 3,
4, 5 dilaksanakan sesuai dengan waktu dan kegiatan no 2 diselesaikan dalam
kurun waktu 8 bulan.
Soal No. 2.
Sugeng Rawuh S.Pd., NIP 198512252000022019, adalah seorang
guru bimbingan konseling pada SMP Neger 18 di Karang Putih. Yang bersangkutan mengajar
sejak tahun 2004 dan saat ini pangkat yang bersangkutan adalah Penata, golongan
ruang III/c dengan jabatan Guru Muda.
Pada tahun 2014, selain sebagai guru BK bapak Sugeng
Rawuh juga melaksanakan tugas lain yang relevan antara lain sebagai berikut.
- melaksanakan tugas wakil kepala sekolah bidang kurikulum
- menjadi pengawas UN
- ikut pelatihan kurikulum untuk 32 JP
- ikut kegiatan MGBK dengan 5 topik bahasan dalam 12 bulan
TUGAS yang harus dilaksanakan:
- Berapa target AK yang akan dicapai pada tahun yang berjalan?
- Bagaimana penuangan dalam SKP nya?
- Bagaimana capaian dalam SKP nya apabila kegiatan di MGBK hanya dilaksanakan untuk 3 kegiatan dalam waktu 12 bulan
Soal No. 3
Ibu Asmarni S.Pd. dengan NIP.197512252000021019, adalah
seorang guru Matematika pada SMPN 15 di
kota Sasirangan. Yang bersangkutan mengajar sejak tahun 2000 dan saat ini
pangkat yang bersangkutan adalah Penata Tk.I, golongan ruang III/d dengan
jabatan Guru Muda.
A. Capaian SKP Ibu Asmarni

B.
Hasil Penilaian Perilaku Ibu Asmarni
TUGAS:
Mohon dihitung SKOR dari setiap aspek
Aspek
|
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
Orientasi Pelayanan
|
1.
Guru bertingkah laku sopan dan ramah terhadap semua peserta
didik, orang tua, dan teman sejawat
|
0
|
1
|
![]() ![]() |
2.
Guru ramah dalam berkomunikasi terhadap semua peserta didik, orang tua,
dan teman sejawat
|
0
|
1
|
![]() |
|
3.
Guru berpenampilan rapi dan sopan
|
0
|
1
|
2
|
|
4.
Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik
|
0
|
![]() |
2
|
|
5.
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi
dalam proses pembelajaran
|
0
|
1
|
![]() ![]() |
|
6.
Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan
perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa memperdulikan
faktor personal
|
0
|
![]() |
2
|
|
7.
Guru mau membagi pengalamannya dengan kolega, termasuk mengundang
mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan
|
0
|
1
|
2
|
|
8.
Guru menyediakan layanan informasi terkait dengan perkembangan prestasi
dan potensi peserta didik kepada orang tua
|
0
|
![]() |
2
|
|
TOTAL SKOR
|
||||
SKOR MAKSIMUM
|
16
|
|||
NILAI ASPEK DAN SEBUTAN
|
Aspek |
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
Integritas
|
1.
Guru berperilaku baik dalam menjalankan profesinya sesuai dengan kode
etik sebagai guru
|
0
|
![]() |
![]() |
2.
Guru memanfaatkan waktu luang secara produktif terkait dengan tugasnya.
|
0
|
1
|
2
|
|
3.
Guru memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan prestasi
belajar peserta didik
|
0
|
1
|
![]() ![]() |
|
4.
Guru memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan sekolah
|
0
|
1
|
![]() |
|
5.
Guru bangga terhadap profesinya.
|
0
|
1
|
2
|
|
6.
Guru konsisten antara perkataan dan perbuatan
|
0
|
![]() |
2
|
|
|
7.
Guru bersungguh-sungguh dalam
melaksanakan tugas jabatannya
|
0
|
1
|
![]() |
8.
Guru bersedia menanggung segala resiko dari pekerjaan yang dilakukannya
|
0
|
![]() |
2
|
|
9.
Guru bersedia memperbaiki kesalahan
|
0
|
![]() |
2
|
|
10.
Guru memberikan teladan dalam bersikap, berperilaku, dan bertutur kata
|
0
|
1
|
![]() |
|
TOTAL SKOR
|
…..
|
|||
SKOR MAKSIMUM
|
20
|
|||
NILAI ASPEK DAN SEBUTAN
|
……
|
Aspek |
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
|
|
|||
Komitmen
|
1. Guru melaksanakan prinsip-prinsip Pancasila
sebagai dasar ideologi
|
0
|
1
|
![]() |
2.Guru
menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan NKRI.
|
0
|
![]() |
2
|
|
3. Guru menunjukkan apresiasi terhadap keberagaman
budaya, suku, ras, dan agama
|
0
|
1
|
![]() |
|
4. Guru mengutamakan kepentingan tugas jabatan di atas kepentingan pribadi dan/atau
golongan
|
0
|
![]() |
![]() |
|
5. Guru bekerja keras untuk meningkatkan prestasi
belajar peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
|
6. Guru bekerja keras tanpa diminta untuk kemajuan
satuan pendidikan
|
0
|
![]() |
2
|
|
|
7. Guru melakukan tugas jabatannya dan menerima
tanggungjawab lebih dari yang seharusnya diemban
|
0
|
![]() |
2
|
TOTAL SKOR
|
…..
|
|||
SKOR
MAKSIMUM
|
14
|
|||
NILAI ASPEK
DAN SEBUTAN
|
ð …..
|
Aspek
|
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
Disiplin
|
1. Guru melaksanakan tugas jabatan (menyusun
perencanaan, melaksanakan pembelajaran, menilai, dan membuat laporan) tepat
waktu
|
0
|
![]() |
2
|
2. Guru melaksanakan proses pembelajaran tepat waktu sesuai dengan beban kerjanya.
|
0
|
1
|
![]() |
|
3. Guru
meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti
yang sah jika tidak dapat
melaksanakan tugas jabatannya
|
0
|
![]() |
![]() |
|
4. Guru
menyelesaikan tugas lain di
luar pelaksanaan pembelajaran dengan
tepat waktu
|
0
|
![]() |
2
|
|
5. Guru memiliki rasa kebermilikan dan memelihara
sarana dan prasarana sekolah untuk kepentingan pelaksanaan tugas
|
0
|
1
|
2
|
|
TOTAL SKOR
|
….
|
|||
SKOR
MAKSIMUM
|
10
|
|||
NILAI ASPEK
DAN SEBUTAN
|
ð …..
|
Aspek
|
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
Kerjasama
|
1. Guru mengembangkan kerjasama dan membina
kebersamaan dengan teman sejawat
|
0
|
1
|
![]() |
2. Guru menghormati dan menghargai teman sejawat
sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing.
|
0
|
1
|
![]() |
|
3. Guru mendiskusikan data dan informasi tentang
kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik baik dalam pertemuan formal
maupun tidak formal kepada teman sejawat untuk kepentingan peserta didik
|
0
|
![]() ![]() |
2
|
|
4. Guru berkomunikasi dengan masyarakat sekitar untuk
kemajuan sekolah, dan berperanserta secara aktif dalam kegiatan sosial di
masyarakat.
|
0
|
1
|
2
|
|
5. Guru bersedia menerima masukan dari peserta didik,
orang tua, teman sejawat untuk kemajuan prestasi belajar peserta didik dan
perkembangan sekolah
|
0
|
1
|
![]() |
|
6. Guru menerima dan melaksanakan keputusan yang
telah disepakati terkait dengan bidang tugas jabatan
|
0
|
![]() |
2
|
|
TOTAL SKOR
|
…
|
|||
SKOR MAKSIMUM
|
12
|
|||
NILAI ASPEK
DAN SEBUTAN
|
ð …..
|
TUANGKAN HASIL DALAM format terlampir:
Unsur yang dinilai
|
Aspek penilaian
|
Skor Penilaian
|
Sebutan Penilaian
|
||||
Perilaku Kerja
|
Orientasi Pelayanan
|
…
|
…
|
||||
Integritas
|
…
|
…
|
|||||
Komitmen
|
…
|
…
|
|||||
Disiplin
|
…
|
…
|
|||||
Kerjasama
|
…
|
…
|
|||||
Jumlah
|
…
|
||||||
Nilai Rata-rata :
|
….
|
…..
|
|||||
Nilai Perilaku Kerja (40% x ….)
|
….
|
||||||
4.
|
UNSUR YANG DINILAI
|
Jumlah
|
|||||
|
|
|
|||||
a. Sasaran Kerja Pegawai
(SKP)
|
……
|
x
|
60%
|
………
|
|||
b. Perilaku Kerja
|
ASPEK
|
Nilai
|
Sebutan
|
|
|||
1. Orientasi Pelayanan
|
|
|
|
||||
2. Integritas
|
|
|
|
||||
3. Komitmen
|
|
|
|
||||
4. Disiplin
|
|
|
|
||||
5. Kerjasama
|
|
|
|
||||
6. Kepemimpinan
|
-
|
|
|
||||
7. Jumlah
|
|
|
|
||||
8. Nilai rata – rata
|
|
|
|
||||
9. Nilai Perilaku Kerja
|
…….
|
x
|
40%
|
……
|
|||
|
……
|
||||||
NILAI PRESTASI KERJA
|
|||||||

0 komentar:
Posting Komentar